Dampak Iklan televisi Terhadap Sikap Konsumtif Ibu Rumah Tangga Masyarakat Adat (Kasus Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel apa saja dari karakteristik iburumahtangga mempunyai hubungan dengan pola menonton iklan televisi, menganalisis sejauh mana
peranan iklan televisi dalam menumbuhkan sikap konsumtif ibu rumahtangga Kampung Naga dan
mengidentifikasi aturan adat yang dipegang masyarakat tersebut yang dapat mengontrolsikap
konsumtif ibu rumahtangga Kampung Naga.
Penelitian ini dilakukan di Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten
Tasikmalaya, yang merupakan salah satu kampung adat yang ada di Jawa Barat. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara melakukan wawancara tertutup
dengan kuesioner sebagai instrumen utama kepada sejumlah 42 responden.Analisis data yang
digunakan untuk melihat adanya keterhubungan antar variabel yaitu uji rank Spearman dan uji
statistik Pearson.
Faktor-faktor karakteristik ibu rumahtangga yang berhubungan dengan frekuensi menonton televisi
adalah usia, kepemilikan televisi, status dalam adat, tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan.
Variabel karakteristik ibu rumahtangga yang berhubungan dengan durasi menonton televisi adalah
usia, kepemilikan televisi, tingkat pensisikan, dan tingkat pendapatan. Karakteristik ibu rumahtangga
yang berhubungan dengan waktu menonton televisi hanya kepemilikan televisi., sedangkan variabel
yang berhubungan degan frekuensi memperhatikan iklan televisi adalah semua karakteristk ibu
rumahtangga kecuali status dalam adat.
Pada perubahan sikap konsumtif kognitif, waktu menonton televisi, waktu menonton televisi dan
frekuensi memperhatikan iklan yang tinggi. Perubahan sikap konsumtif afektif dipengaruhi oleh
seluruh variabel pola menonton iklan televisi, untuk perubahan sikap konsumtif tingkat konatif, tidak
satupun dari pola menonton iklan televisi berhubungan. Perubahan sikap mayarakat adat tidak ada
hubungannya dengan keterikatan mereka terhadap aturan adat.
Kata kunci: televisi, iklan, sikap konsumtif, ibu rumahtangga
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2006-09-01
How to Cite
ZulbeatriF., & SadonoD. (2006). Dampak Iklan televisi Terhadap Sikap Konsumtif Ibu Rumah Tangga Masyarakat Adat (Kasus Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat). Jurnal Penyuluhan, 2(3). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v2i3.11441
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. - Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).