Prevalensi Kejadian Penyakit Kulit pada Anjing di My Vets Animal Clinic Bumi Serpong Damai Tahun 2016

  • Tri Ayu Kristianty My Vets Animal Clinic BSD, Jalan Kalimantan Blok F2 No. 32 Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan
  • Zella Nofitri Efendi My Vets Animal Clinic BSD, Jalan Kalimantan Blok F2 No. 32 Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan
  • Fathia Ramadhani My Vets Animal Clinic BSD, Jalan Kalimantan Blok F2 No. 32 Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan
Keywords: breed, demodex, malassezia, pyoderma

Abstract

Pyoderma adalah dermatitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan merupakan penyakit kulit yang umum terjadi pada anjing. Pyoderma pada anjing terjadi sekitar 55% dari kasus kulit yang datang ke My Vets BSD pada tahun 2016. Malassezia spp. adalah commensal yeast yang umum ditemukan pada kulit dan mukosa anjing. Infeksi Malassezia terjadi sekitar 43% dari kasus kulit yang datang ke My Vets BSD pada tahun 2016. Infestasi parasit pada kulit anjing yang umum terjadi disebabkan oleh mites dan serangga. Infestasi parasit pada anjing terjadi sekitar 9% dari kasus kulit yang datang ke My Vets BSD dengan parasit yang paling umum adalah Demodex spp. Ras anjing yang paling sering terkena penyakit kulit dari keseluruhan anjing yang datang ke My Vets BSD di antaranya adalah Beagle dengan jumlah sekitar 11%, Shih Tzu dengan jumlah sekitar 11%, dan Mongrel dengan jumlah sekitar 16%. Berdasarkan data tersebut, kasus kulit yang paling banyak terjadi dibandingkan dengan kasus kulit lain di My Vets BSD pada periode tahun 2016 adalah pyoderma dan anjing yang paling sering terkena penyakit kulit adalah Mongrel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doerr K. 2015. Malassezia dermatitis and otitis in dogs. Veterinary Focus 25(2): 19-25.

Goth GM. 2014. Canine and Feline Dermatology Atlas. Zaragoza (SP): Servet.

Puja IK. 2014. Efektivitas ivermectin dengan kombinasi amitraz untuk pengobatan infestasi demodekosis alami pada anjing. Prosiding Konferensi Ilmiah Veteriner Nasional (KIVNAS) Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia ke-13. Palembang (IND) 2014.

Published
2017-08-14
How to Cite
Kristianty, T. A., Efendi, Z. N., & Ramadhani, F. (2017). Prevalensi Kejadian Penyakit Kulit pada Anjing di My Vets Animal Clinic Bumi Serpong Damai Tahun 2016. ARSHI Veterinary Letters, 1(1), 15-16. https://doi.org/10.29244/avl.1.1.15-16

Most read articles by the same author(s)