Peer Review Process

Penerimaan Artikel untuk di publikasi di Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (JINTP) ditentukan oleh Dewan Editor dan Reviewer.   Artikel yang masuk ke OJS JINTP akan diterima oleh Dewan Editor kemudian di review oleh Ketua Editor untuk menentukan apakah artikel dapat diterima dengan perbaikan ataukah ditolak.  Penolakan dan penerimaan artikel  berdasarkan kriteria artikel yang sudah ditetapkan oleh Dewan Editor. 

Editor akan mengirimkan artikel yang diterima ke dua orang reviewer yaitu dari Luar IPB dan dari dalam IPB.  Pengiriman artikel ke reviewer tanpa nama untuk menjaga kebebasan reviewer membaca dan mengoreksi substansi isi artikel.   Ketua Editor mengecek kesesuaian format artikel dengan panduan.

Ketiga hasil review direkap oleh bagian administrasi jurnal kemudian  hasil review dikirm ke penulis melalui OJS.  Hasil revisian artikel oleh penulis dikirim kembali melalui OJS. 

Revisi artikel oleh penulis diperiksa kembali oleh Editor untuk mengecek kesesuaian dengan hasil review oleh reviewer.  Artikel kemudian di lay out, di cek plagiarism menggunakan Turnitin.

Sebelum di publikasi dilakukan rapat Dewan Editor untuk mengambil keputusan naskah siap di publikasi.  Sebelum di publikasi, Ketua Editor memeriksa kembali Lay out artikel, kemudian artikel siap di publikasi.