Perancangan Pengalaman Pengguna dari Aplikasi Eksplorasi Kampus Institut Pertanian Bogor Menggunakan Metode Design Sprint

Mastur Fatullah, Auzi Asfarian

Abstract

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kampus dengan luas wilayah 250 hektar di Dramaga, Bogor. Hal ini menyebabkan lokasi antara gedung berjauhan dan membuat pengguna sulit mendapatkan akses informasi tentang sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun rancangan aplikasi eksplorasi kampus IPB Dramaga berdasarkan kebutuhan pengguna yang memperhatikan aspek pengalaman pengguna dalam perancangannya. Penelitian ini menggunakan metode design sprint dengan dua kali iterasi. Penelitian ini menghasilkan prototipe medium-fidelity dari aplikasi tersebut. Pada iterasi pertama, prototipe telah diuji kepada tiga orang pengguna dengan tugas pengguna yang berkaitan dengan bis, mobil listrik, tempat penyewaan sepeda, gedung kuliah, tempat salat, kantin, dan parkir. Pada iterasi kedua, proses desain difokuskan pada pada transportasi bus dan diuji pada empat orang pengguna. Berdasarkan pengujian, seluruh pengguna menyatakan rancangan aplikasi sudah baik dan sesuai kebutuhan pengguna.


Kata Kunci: design sprint, eksplorasi, kampus, pengalaman pengguna.

Authors

Mastur Fatullah
Auzi Asfarian
auzi.asfarian@gmail.com (Primary Contact)
FatullahM., & AsfarianA. (2021). Perancangan Pengalaman Pengguna dari Aplikasi Eksplorasi Kampus Institut Pertanian Bogor Menggunakan Metode Design Sprint. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 8(1), 10-19. https://doi.org/10.29244/jika.8.1.10-19

Article Details

Most read articles by the same author(s)

Menumbuhkan Talenta Desain Pengalaman Pengguna Melalui ACM SIGCHI Student Chapter: Refleksi dari IPB University

Auzi Asfarian, Firman Ardiansyah, Dean Apriana Ramadhan, Shadiqa Arya, Imam Mulhaq, Akaasyah Nurfath
Abstract View : 552
Download :214

Perancangan Web Pelayanan Perizinan Pemerintah Menggunakan Lean UX

Dean Apriana Ramadhan, J Arnold Parlindungan Gultom
Abstract View : 1694
Download :1837