Pra-Produksi Aplikasi Permainan Simulasi Budidaya Kolam Edukatif untuk Meningkatkan Minat Generasi Muda Terhadap Perikanan Budidaya

Dady Darmawan, Auzi Asfarian, Fajar Maulana

Abstrak

Potensi sektor perikanan di Indonesia menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional. Penelitian ini dilakukan untuk merancang aplikasi permainan edukatif berupa simulasi perikanan budidaya sehingga dapat memperkenalkan tentang perikanan budidaya kepada generasi muda melalui cara yang lebih menarik. Proses pra-produksi yang dilaksanakan pada penelitian ini menghasilkan dokumen desain permainan yang dibuat berdasarkan wawancara dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini telah berhasil menghasilkan rancangan aplikasi permainan yang edukatif dan sangat menarik. Dokumen tersebut memuat unsur-unsur permainan yang meliputi objek dan perilakunya yang akan digunakan untuk membuat permainan simulasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rancangan aplikasi permainan yang dapat digunakan untuk menambah wawasan pemain tentang perikanan budidaya


Kata Kunci: edukatif, permainan, perikanan, perikanan budidaya, simulasi

Penulis

Dady Darmawan
Auzi Asfarian
asfarian@apps.ipb.ac.id (Kontak utama)
Fajar Maulana
Author Biographies

Dady Darmawan, Institut Pertanian Bogor

Departemen Ilmu Komputer

Fajar Maulana, Institut Pertanian Bogor

Departemen Budidaya Perairan

DarmawanD., AsfarianA., & MaulanaF. (2020). Pra-Produksi Aplikasi Permainan Simulasi Budidaya Kolam Edukatif untuk Meningkatkan Minat Generasi Muda Terhadap Perikanan Budidaya. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 7(1), 11-20. https://doi.org/10.29244/jika.7.1.11-20
Copyright and license info is not available

Rincian Artikel