Perancangan Web Pelayanan Perizinan Pemerintah Menggunakan Lean UX
Abstract
Saat ini telah berkembang konsep e-government, yaitu konsep memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada aktivitas pemerintahan. Salah satu bentuk implementasinya adalah pelayanan publik dengan menggunakan website untuk pelayanan perizinan. Optimalisasi pelayanan publik secara online perlu dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menaikkan tingkat kepuasan masyarakat. Masyarakat menginginkan pelayanan publik yang mudah. Salah satu elemen penting agar masyarakat dapat dengan mudah menggunakan website pelayanan publik adalah aspek user experience. Penelitian ini bertujuan untuk merancang website layanan perizinan pemerintah yang sesuai dengan aspek user experience dengan menggunakan metode Lean UX. Perancangan antarmuka yang diimplementasikan berupa high fidelity prototype dalam bentuk website. Rancangan website diuji dengan metode Thinking Aloud kepada tiga orang pengguna di Kecamatan Bogor Utara. Fitur website yang telah dikembangkan adalah pengajuan perizinan, status perizinan, ubah profil dan fitur pesan kotak masuk. Hasil pengujian menunjukkan 81.5% komentar positif sehingga disimpulkan bahwa rancangan website telah mencapai user experience yang baik.
Kata Kunci: e-government, Kecamatan Bogor Utara, Lean UX, perizinan, user experience
Authors
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.