Perancangan User Experience Aplikasi Marketplace Paket Wisata Indonesia untuk Wisatawan Lokal
Abstrak
Pertumbuhan pariwisata Indonesia meningkat berdasarkan jumlah perjalanan wisatawan lokal dari tahun 2010 hingga 2016 dengan rata-rata 2,02%. Hal tersebut diimbangi dengan perkembangan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam sektor jasa sebesar 6,71%. Hadirnya marketplace paket wisata memudahkan pencarian dan pemesanan paket wisata bagi wisatawan lokal serta pemasaran jasa oleh UMKM penyedia jasa perjalanan wisata di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada perancangan user experience (UX) marketplace paket wisata yang berdasarkan pada kemudahan, efisiensi, dan kegunaan untuk pengguna. Perancangan UX menggunakan metode five planes yang terdiri dari lima tahapan yang memiliki keterkaitan antarlapisannya. Hasil penelitian berupa customer journey map, 18 spesifikasi fungsional, low fidelity prototype, dan medium fidelity prototype yang berfokus pada task pemesanan dan pembayaran paket wisata. Evaluasi prototipe menggunakan metode think aloud yang dilakukan terhadap 2 responden. Evaluasi menghasilkan error rate terburuk sebesar 12,5% yaitu pada clickable text. Letak error rate akan dijadikan acuan untuk perbaikan minor pada prototipe. Secara keseluruhan responden berpendapat bahwa prototipe mudah digunakan dalam tahap pemesanan dan pembayaran paket wisata.
Kata Kunci: five planes, marketplace, pengalaman pengguna, think aloud, wisatawan lokal