Pemeriksaan patologi anatomi dan pengukuran titer antibodi Avian Influenza dan Newscatle Disease pasca vaksinasi pada peternakan ayam petelur di Brenda Farm

  • Muhammad Yusuf Rizal Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya, Malang
  • Dodik Prasetyo Klinik Hewan Pendidikan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Avian Influenza dan Newcastle Disease merupakan penyakit yang sering terjadi pada peternakan yang dapat menimbulkan dampak kerugian bagi peternak. Ayam berusia 33 minggu, dengan riwayat vaksin ND live pada usia 29 minggu dan vaksin AI killed pada usia 27 minggu dilakukan pemeriksaan patologi organ pada 5 ekor ayam. Ayam menunjukkan kondisi lemah, lesu, diare, dan ayam tidak bertelur dalam beberapa hari. Hasil pemeriksaan patologi anatomi organ didapatkan adanya eksudat pada hidung ayam, dilatasi pembuluh darah pada otak, perdarahan pada trachea, jantung, proventikulus, dan ovarium. Pengujian HA/HI ND dan AI, didapatkan serum ayam memiliki hasil seropositif titer antibodi protektif terhadap virus ND (29,25) dan H9N2 (25,88), dan memiliki hasil seropositif titer antibodi tidak protektif terhadap virus AI H5N1 (22,13). Penanganan dilakukan revaksinasi AI, pemberian terapi suportif anti radang dan multivitamin, pemberian antibiotik kombinasi lincomycine dan spectinomycine, serta peningkatan biosekuriti kandang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfons MPW. 2005. Pengaruh berbagai metode dan dosis terhadap efikasi vaksin Avian Influenza (AI) inaktif. [Skripsi]. Fakultas Kedokteran Hewan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Hewajuli DA, Dharmayanti NLPI. 2011. Patogenitas virus Newcastle Disease pada ayam. Wartazoa. 21(2):72-80.

Ikhsan HM. 2021. Avian influenza antibody titer of laying hens in production phase at District Penebel Tabanan Regency. Journal of Applied Veterinary Science and Technology. 2(2):26-30.

Isnawati R, Putra IPC, Susiani RD, Wuryastuti H, Wasito R. 2020. Deteksi virus Avian Influenza pada ayam pedaging komersial yang di suplementasi water additive. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-5. Hal: 735-743.

Kementerian Pertanian (Kementan). 2014. Manual Penyakit Unggas. Subdit Pengamanan Penyakit Hewan Direktorat Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian.

Surbakti LN, Kencana GAY, Suartha IN. 2021. Seroprevalensi Newcastle Disease pada Ayam Buras di Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Buletin Veteriner Udayana. 13(1):75-80.

Swayne DE, Suarez DL. 2000. Highly pathogenic avian influenza. Revue scientifique et Technique-office International des Epizooties. 19(2):463-475.

Yusmariza N, Santosa PE, Siswanto. 2014. Profil Titer antibodi Newcastle Disease (ND) dan Avian Influenza (AI) pada itik petelur fase grower di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu. 2(3):16-22.

Published
2022-07-20
How to Cite
RizalM. Y., & PrasetyoD. (2022). Pemeriksaan patologi anatomi dan pengukuran titer antibodi Avian Influenza dan Newscatle Disease pasca vaksinasi pada peternakan ayam petelur di Brenda Farm. ARSHI Veterinary Letters, 6(2), 21-22. https://doi.org/10.29244/avl.6.2.21-22