Hemofilia pada anjing siberian husky

  • Langen Tunjungsari Klinik Hewan Gloriavet
  • Bagus Ilham Pradianto Dokter Hewan Praktisi di Klinik Hewan Gloriavet Pet Health Solution, Setrasari Plaza C-3, Kota Bandung 40151, INDONESIA

Abstract

Hemofilia A dan B merupakan gangguan koagulopati pada anjing yang dapat berakibat fatal dan disebabkan oleh adanya defisiensi pada faktor VIII dan faktor IX. Hemofilia merupakan kelainan turunan yang berkaitan dengan kromosom X sehingga gejala klinis timbul pada hewan jantan, sedangkan hewan betina akan berperan sebagai carrier. Kasus hemofilia di Klinik hewan Gloriavet terjadi pada anjing Siberian Husky jantan dengan gejala epistaksis dan hematuria dengan frekuensi yang tinggi. Hasil pemeriksaan darah menunjukkan terjadinya anemia, hemoglobinemia, trombositopenia, dan leukositosis. Pemeriksaan hemostasis didapatkan nilai PT normal dan peningkatan nilai aPTT. Penanganan pertama yang dilakukan adalah tranfusi cairan berupa infus ringer laktat dan asam traneksamat melalui intravena. Akan tetapi hewan mengalami kematian sebelum diberikan terapi lanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ackerman L. 2011. The Genetic Connection. USA : AAHA.

Ettinger SJ, Feldman EC, Cote E. 2017. Textbook of Veterinary Internal Medicine 8th Edition. USA : Elsevier.

Jonkisz P, Kurosad A, Sikorska-Kopylowicz A. 2016. Severe Haemophilia A in Mixed-Breed Dog – A Case Report. Research & Reviews: Journal of Veterinary Sciences. 2(1): 44-46.

Nielssen A. 2007. Coagulopathies. Didalam : Rubin S, Carr A, editor. 2007. Canine Internal Medicine Secrets. USA : Mosby Elsevier.

Published
2019-11-05
How to Cite
TunjungsariL., & PradiantoB. I. (2019). Hemofilia pada anjing siberian husky. ARSHI Veterinary Letters, 3(4), 63-64. https://doi.org/10.29244/avl.3.4.63-64