Profil hematologi pada kucing lokal selama proses kesembuhan skin flaps H-plasty dan linear closure

  • Hastjarjo Fleuryantari Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor
  • Deni Noviana Departemen Klinik Reproduksi dan Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor
  • . Gunanti Departemen Klinik Reproduksi dan Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor
  • . Erwin Laboratory of Clinic and Surgery, Faculty of Veterinary Medicine, Syiah Kuala University, Banda Aceh
Keywords: H-plasty, kucing, linear closure, profil hematologi, skin flaps

Abstract

Skin flaps merupakan salah satu prosedur bedah rekonstruksi untuk penutupan luka. Tujuan penelitian ini adalah melihat profil hematologi selama proses kesembuhan luka menggunakan teknik skin flaps H˗plasty dan linear closure pada kucing (Felis catus). Pembuatan luka dengan luas 2x2 cm dilakukan pada daerah toraks 6 kucing lokal jantan sehat yang dibagi dalam dua kelompok teknik penutupan luka, skin flaps H-plasty dan linear closure. Pengambilan darah sebanyak 1 ml dilakukan secara aseptis pada vena saphena pada hari ke˗0 pra operasi, hari ke˗3, 6, 9, dan 12 pascaoperasi. Parameter pengamatan pada nilai sel darah merah (SDM), hemoglobin (Hb), hematokrit (Hct), Mean Corpuscular Volume (MCV), Mean Corpuscular Hemoglobin (MCH), Mean Corpuscular Hemoglobin Concentration (MCHC) dan trombosit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata SDM, hemoglobin, hematokrit, MCHC, dan trombosit tidak terjadi perbedaan yang signifikan (P>0.05) antar kelompok perlakuan H-plasty dengan linear closure. Parameter MCV dan MCH menunjukkan perbedaan signifikan (P<0.05) antar kelompok perlakuan. Pengamatan rata-rata SDM, hemoglobin, hematokrit, MCV, MCH, MCHC dan trombosit menunjukkan perbedaan yang signifikan (P<0.05) diantara hari pengamatan. Kedua teknik skin flaps menunjukkan nilai rata˗rata profil hematologi yang fisiologis selama proses kesembuhan luka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jain NC. 1993. Essential of Veterinary Hematology. Philadelphia (US): Lea & Febiger.

Meyer DJ, Harvey JW. 2004. Veterinary Laboratory Medicine Interpretation and Diagnosis. Philadelphia (US): W.B Saunders Company.

Triastuty FN. 2006. Gambaran darah kucing kampung (Felis domestica) di daerah Bogor. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Willard MD, Tvetden H. 2012. Small Animal Clinical Diagnosis by Laboratory Methods. Ed ke˗5. Missouri (US): Elsevier.

Published
2018-05-02
How to Cite
FleuryantariH., NovianaD., Gunanti., & Erwin. (2018). Profil hematologi pada kucing lokal selama proses kesembuhan skin flaps H-plasty dan linear closure. ARSHI Veterinary Letters, 2(2), 35-36. https://doi.org/10.29244/avl.2.2.35-36

Treatment of cat flu uses a single supplement based on colostrum, probiotics and prebiotics (Felostrum)

Dwi Budiono, Ivan Taufiq Nugraha, Pradnya Calista, Kukuh Amru Dhiya Rahmat, Hendri Zonathan