Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

JURNAL TEKNOLOGI PERIKANAN DAN KELAUTAN

Artikel yang dapat diterima adalah hasil-hasil penelitian atau teknik penelitian yang berkaitan dengan teknologi, perikanan dan kelautan. Artikel harus berupa tulisan asli 10 tahun terakhir, dalam bahasa Indonesia atau inggris, yang belum pernah atau dalam proses dimuat di dalam jurnal ilmiah nasional ataupun internasional. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisan harus dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word. Manuskrip di luar ketentuan tersebut tidak akan diterima. Formulir penyerahan artikel harus diisi dan disertakan dengan manuskrip yang dikirimkan. Penulis harus menyebutkan dengan jelas nama pengarang koresponden, alamat lengkap, serta alamat surel. Pengarang koresponden bertanggung jawab atas keaslian penelitian dan isi dari naskah. Pengarang lain (jika ada) harus sudah menyetujui naskah yang dikirimkan. File berisi naskah/manuskrip dan formulir penyerahan artikel dapat dikirimkan ke alamat surel atau langsung ke alamat redaksi.

Redaksi Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor
Jl. Agatis, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680
Telp/HP: (0251) 8622909 - 8622911/085771791984
Email: jurnalfpik.ipb@gmail.com / jurnalfpikipb@apps.ipb.ac.id

 

FORMAT PENULISAN

Ketentuan Umum

  1. Artikel diketik dalam 2 spasi pada kertas ukuran A4 dengan format satu kolom dan margin 2 cm pada setiap sisinya. Huruf yang digunakan adalah Boookman Old Style ukuran 10 pt. Artikel tidak boleh melebihi 20 halaman.
  2. Cantumkan nomor halaman pada bagian kanan bawah dimulai dengan halaman 1 pada bagian judul.
  3. Pencantuman nama ilmiah dalam bentuk binomial atau trinomial latin (dalam huruf miring), digunakan untuk memperjelas keterangan organisme yang dimaksud. Pencantuman nama ilmiah yang sudah umum, tidak diharuskan. Penulisan lengkap nama ilmiah ditulis ketika pertama kali disebutkan dalam teks, setiap gambar, dan setiap tabel.
  4. Satuan Sistem Internasional (SI) termasuk yang diturunkan harus digunakan. Gunakan tanda garis miring untuk menunjukkan suatu rasio. Contoh: (gram/mol bukan gram.mol-1)
  5. Singkatan dan lambang yang dipakai adalah yang lazim digunakan, terutama dalam masyarakat ilmiah. Singkatan yang lain dapat digunakan jika setiap singkatan tersebut diberikan kepanjangannya sewaktu pertama kali disebutkan dalam artikel.
  6. Tulislah angka satu sampai sepuluh dan satuan pengukuran (5 g, 20 ekor ikan). Jangan mengawali kalimat dengan angka. Gunakan penulisan 5.000 bukan 5000, dan 5% bukan 5 persen.
  7. Penulisan tanggal menggunakan susunan hari bulan tahun (contoh: 10 Juni 1992 atau 10 June 1992).
  8. Setiap referensi yang dikutip dalam naskah harus dicantumkan dalam daftar pustaka, begitu pula sebaliknya (perlu selalu dikoreksi baik ejaan maupun tahun).
  9. Penulis kutipan dalam naskah mengikuti aturan sebagai berikut.
  • Penulis tunggal: Sudirman (1995) atau (Sudirman 1995).
  • Dua orang penulis: Sudirman dan Budiman (1995) atau (Sudirman & Budiman 1995).
  • Tiga orang penulis atau lebih: Sudirman et al. (1995) atau (Sudirman et al. 1995).
  • Sitiran naskah yang sudah diterima: Sudirman (menunggu proses) atau (Sudirman, menunggu proses), atau Sudirman (in press) atau (Sudirman, in press).
  • Sangat tidak dianjurkan menggunakan kutipan dari referensi yang belum diterbitkan atau hanya berdasarkan komunikasi pribadi. Namun jika hal itu diperlukan, gunakan cara penulisan: Michael (Oxford University, data belum diterbitkan) atau Michael (Oxford University, komunikasi pribadi).
  • Gunakan tanda kurung dan pisahkan dengan tanda titik koma untuk menyebutkan beberapa referensi literatur, tabel, dan gambar. Contoh: (Sudirman, 1992; Budiman, 1995) (Tabel 1; Gambar 2). Urutkan referensi mulai dari tahun yang paling lama.
  1. Bagian bab manuskrip berupa pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih, serta daftar pustaka ditulis di tengah halaman (aligment center). Semua huruf ditulis dengan huruf kapital (uppercase) dan dicetak tebal (bold).
  2. Bagian subbab ditulis dengan huruf kapital pada awal kalimat (sentence case), dicetak tebal (bold), dan posisikan pada sebelah kiri halaman (aligment left). Bagian subsubbab tidak dicetak tebal, namun dicetak miring (italic).

 

Susunan artikel

Bagian artikel disusun dengan urutan sebagai berikut:

  1. JUDUL
  • Judul dibuat dalam bahasa Indonesia diikuti dalam bahasa Inggris untuk manuskrip berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris diikuti dalam bahasa Indonesia untuk manuskrip berbahasa Inggris dengan jumlah kata tidak lebih dari 15 kata.
  • Tulis judul di tengah halaman (aligment center) bagian atas dengan nama capital pada awal kalimat saja untuk kata-kata yang perlu seperti nama ilmiah, nama tempat, dsb.
  1. NAMA PENULIS DAN LEMBAGA

Cantumkan nama, dan institusi penulis (ditulis lengkap) setelah bagian judul. Contoh:

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2

1Institusi Penulis Pertama, 2Institusi Penulis Kedua.

Korespondensi: alamat korespondensi berupa surel: email@email.com

  1. ABSTRAK

Abstrak ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris) dengan jumlah maksimal kata 200-250, mencakup penjelasan latar belakang permasalahan, metode, hasil penelitian dengan penekanan pada temuan, dan implikasi disajikan secara informatif dan faktual. Hindari penggunaan singkatan kecuali singkatan yang sudah umum digunakan atau yang telah disebutkan sebelumnya.

  1. KATA KUNCI

Dituliskan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Maksimal 4 kata, disusun sesuai urutan abjad dari awal kata.

  1. PENDAHULUAN

Bagian pendahuluan memuat latar belakang atau alasan kuat dilakukannya penelitian, tujuan, dan hipotesis jika ada. Gunakan pustaka yang benar-benar mendukung pembahasan dalam artikel. 

  1. METODE PENELITIAN

Metode penelitian dapat berupa percobaan laboratorium, percobaan lapangan, dan survei lapangan yang dirancang sesuai dengan tujuan atau jenis penelitian. Metode yang telah dipublikasikan sebelumnya harus ditulis sebagai pustaka, hanya modifikasi yang relevan yang harus dijelaskan. Metode penelitian dapat dibagi menjadi beberapa subbab sesuai dengan perincian langkah-langkah karya ilmiah, misalnya: bahan, peralatan, analisis data.

  1. HASIL DAN PEMBAHASAN

Sajikan terlebih dahulu hasil penelitian, beri penjelasan yang cukup untuk temuan penting, lanjukan dengan analisis dan kemudian pembahasan. Subbab dalam hasil dan pembahasan dikembangkan secara sistematis dan mengarah pada simpulan.

  1. KESIMPULAN DAN SARAN

Bagian ini menyajikan kesimpulan dari hasil penelitian yang menjawab masalah dan tujuan penelitian yang telah dirumuskan pada pendahuluan. Saran yang dikemukakan harus berkaitan dengan pelaksanaan atau hasil penelitian.

  1. UCAPAN TERIMAKASIH (opsional)

Bagian ini dapat digunakan untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dana penelitian yang diterima dan untuk menghargai institusi atau orang-orang yang telah membantu selama penelitian dan proses penulisan artikel berlangsung.

  1. DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka harus disusun secara alfabetik dari penulis pertama. Apabila terdapat dua atau lebih publikasi dari penulis yang sama pada tahun yang sama, maka pada tahun penerbitan publikasi tersebut ditambahkan huruf kecil yang dapat membedakan (sebagai contoh: Suwanto A. 1998a,b; Suwanto A. Kaplan S. (1989a). Penulisan daftar pustaka harus mengikuti aturan seperti yang dicontohkan sebagai berikut:

Artikel Jurnal

Penulis AB, Penulis CD, Penulis EF. 2015. judul artikel. Nama Jurnal volume: halaman. Contoh: Zudaire I, Murua H, Grande, Korta M, Arrizabalaga M, Areso H, Delgado Molina A. 2013. Fecundity regulation strategy of the yellowfin tuna (Thunnus albacares) in the Western Indian Ocean. Fish. Res. 138 : 80-88.

 

Buku

Penulis GH, Penulis IJ. 2011. Judul buku,2nd edition. Tempat terbit: Nama Penerbit. Contoh: [FAO] Food and agriculture Organization. 1995. Code of Conduct for Responsible Fisheries. Rome, Italy. FAO.

Tesis atau Disertasi

Penulis RS. 2016. Judul tesis [Tesis]. Kota penerbit: Institusi penerbit. Contoh: Suhana MP. 2016. Analisis perubahan garis pantai di pantai timur Pulau Bintan Provinsi Kepulauan Riau [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Publikasi Elektronik

Penulis PQ. 2009. Judul artikel. alamat akses. [tanggal akses]. Contoh: Ghazali SM, Montgoomery J, Jeffs A, Ibrahim Z, Radford C. 2013. The diel variation and spatial extent of the underwater sound around a fish aggregation device (FAD). Journal Fisheries Research.vol148.https://researchspace.auckland.ac.nz/docs/uoa-docs/rights.htm. [3 april 2015]

Encylopedia of Life. 2016. Atlantic Bluefin (Thunnus thynnus). www.eol.org/pages/223943. [4 April 2016].

Tidak diperkenankan menggunakan pustaka yang berasal dari blog dan sejenisnya, yang isinya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.