ANALISIS PENGELOLAAN PELABUHAN PERIKANAN LABUHAN LOMBOK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR

  • Abdul Hanan Department of Marine Affairs and Fisheries of West Nusa Tenggara Province, Indonesia
  • Mulyono S. Baskoro Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK-IPB, Bogor, Indonesia
  • Nurhasanah Universitas Terbuka, Indonesia

Abstract

Peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat pesisir sangat tergantung pada fasilitas, aktivitas pengusahaan pelabuhan perikanan dan SDM pengelola pelabuhan perikanan. Apabila ketiga hal tersebut kurang memadai akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat pesisir. Permasalahan yang terjadi di Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok, yakni. Kurangnya fasilitas Pokok, fasilitas Penunjang dan Fasilitas fungsional sehingga berakibat terjadinya peningkatan keluarga miskin di daerah pesisir. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi jenis fasilitas yang kurang memadai, menganalisis aktivitas pengusahaan pelabuhan perikanan, menganalisis SDM pengelola pelabuhan, menganalisis tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir, dan menganalisis sistem pengelolaan pelabuhan perikanan yang mendukung tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir. Metode penelitian deskriptif kuantitatif, kemudian data dianalisis menggunakan regresi logistik dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kerusakan fasilitas pelabuhan perikanan Labuhan Lombok mencapai 60 % dan aktivitas pelabuhan berjalan dan tidak berkembang. Kuantitas dan kualitas SDM pelabuhan perikanan Labuhan Lombok tenaga teknis Sarjana Perikanan 5 orang, tenaga administrasi  28 orang dan pegawai dengan kompetensi masih belum maksimal. Kesejahteraan masyarakat pesisir berdasarkan NTN terdapat jauh dari kata sejahtera disebabkan oleh minimnya pendapatan nelayan, besarnya biaya operasional melaut dan kebutuhan rumah tangga semakin meningkat. Strategi pengelolaan Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok yang mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir dapat dilakukan melalui empat prioritas, yaitu meningkatkan operasionalisasi pelabuhan dalam rangka mendukung peluang usaha dan investasi, meningkatkan dan memperbaiki sarana dan prasarana yang dapat mendukung pengelolaan pelabuhan perikanan, memperpendek proses birokrasi dalam pengurusan perizinan usaha perikanan dan kerja sama, dan penambahan SDM yang mengelola pelabuhan perikanan dan meningkatkan kualitasnya melalui pendidikan dan pelatihan.

Kata kunci: kesejahteraan masyarakat pesisir, nilai tukar nelayan, strategi pengelolaan pelabuhan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-13
Section
Articles