Faktor-Faktor yang Memengaruhi Komunikasi Pemasaran Pelaku Desa Wisata di Kabupaten Bogor

Factors Affecting Marketing Communication of Tourism Village’s Actors In Bogor Regency

  • Hudi Santoso IPB University
  • Amiruddin Saleh IPB University
  • Musa Hubeis IPB University
  • Wahyu Budi Priatna IPB University
Keywords: komunikasi pemasaran, media sosial, upaya berkelanjutan, desa wisata, kapasitas pelaku pariwisata

Abstract

Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat dapat dilakukan oleh salah satu sektor prioritas seperti pariwisata. Dilihat dari 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs), sektor pariwisata mampu berkontribusi pada beberapa poin yaitu pengurangan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak. Pengembangan potensi desa wisata merupakan bagian penting dalam pengembangan industri pariwisata di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan komunikasi pemasaran pelaku desa wisata di Kabupaten Bogor; dan (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi pemasaran pelaku desa wisata di Kabupaten Bogor. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuantitatif yang didukung dengan pendekatan kualitatif untuk mempertajam analisis data kuantitatif dan pengujian hipotesis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei kepada 166 responden dengan pendekatan multi analitik, yaitu analisis deskriptif, uji regresi linier sederhana, dan kuadrat terkecil parsial (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang sering dilakukan adalah periklanan, dilanjutkan dengan promosi, pemasaran interaktif, pemasaran langsung dan publisitas. Pemasaran dilakukan melalui media digital yaitu Facebook, Instagram dan YouTube. Faktor yang mempengaruhi komunikasi pemasaran adalah faktor lingkungan dan media digital. Perlu peningkatan konten untuk memasarkan desa wisata melalui media digital dengan meningkatkan kapasitas pengelola desa wisata dan dukungan kelembagaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hudi Santoso, IPB University

Prodi Komunikasi dan Digital Media, SV 

Amiruddin Saleh, IPB University

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Musa Hubeis, IPB University

Departemen Manajemen FEM 

Wahyu Budi Priatna, IPB University

Departemen Agribisnis FEM

References

Aristi, N. (2020). Upaya promosi pariwisata daerah melalui pelatihan penyelenggaraan pentas seni sekolah di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 239–248. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/258

Atiko, G., Sudrajat, R. H., Nasionalita, K., & Telkom, U. (2016). Abstrak Perkembangan teknologi , informasi dan komunikasi yang terus meningkat membuat jumlah pengguna Internet yang juga semakin tinggi diseluruh dunia setiap tahunnya , tak terkecuali Negara Indonesia . Selain Facebook , Twitter , Youtube , Path , Line. E-Proceeding of Management, 3(2), 2349–2358.

Azzahrani, M. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia Dalam Pesona Indonesia Melalui Youtube. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 144. https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12925

Bao, H., Li, B., Shen, J., & Hou, F. (2016). Industrial Management & Data Systems Article information : Repurchase Intention in Chinese E-marketplace : Roles of Interactivity , Trust and Perceived Effectiveness of E-commerce Institutional Mechanisms. Industrial Management & Data Systems, 116(8), 1–31.

Bezjian-Avery, A., Calder, B., & Iacobucci, D. (1998). New media interactive advertising vs. traditional advertising. Journal of Advertising Research, 38(4), 23–32.

Bleumers, L., Van Den Broeck, W., Lievens, B., & Pierson, J. (2014). Extending the field of view: A human-centred design perspective on 360° TV. Behaviour and Information Technology, 33(8), 800–814. https://doi.org/10.1080/0144929X.2013.810780

Bright, L. F., Kleiser, S. B., & Grau, S. L. (2015). Too much Facebook? An exploratory examination of social media fatigue. Computers in Human Behavior, 44, 148–155. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.11.048

Cervellon, M. C., & Galipienzo, D. (2015). Facebook Pages Content, Does it Really Matter? Consumers’ Responses to Luxury Hotel Posts with Emotional and Informational Content. Journal of Travel and Tourism Marketing, 32(4), 428–437. https://doi.org/10.1080/10548408.2014.904260

Chiu, T. H. Y., Chen, C. C., Joung, Y. J., & Chen, S. (2014). A study of blog networks to determine online social network properties from the tie strength perspective. Online Information Review, 38(3), 381–398. https://doi.org/10.1108/OIR-01-2013-0022

Fatanti, M. N., & Suyadnya, I. W. (2015). Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination Brand? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 1089–1095. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.145

Finne, Å., & Grönroos, C. (2009). Rethinking marketing communication: From integrated marketing communication to relationship communication. Journal of Marketing Communications, 15(2–3), 179–195. https://doi.org/10.1080/13527260902757654

Goh, K. Y., Heng, C. S., & Lin, Z. (2013). Social media brand community and consumer behavior: Quantifying the relative impact of user- and marketer-generated content. Information Systems Research, 24(1), 88–107. https://doi.org/10.1287/isre.1120.0469

Ha, H. Y., Muthaly, S. K., & Akamavi, R. K. (2010). Alternative explanations of online repurchasing behavioral intentions: A comparison study of Korean and UK young customers. In European Journal of Marketing (Vol. 44, Issue 6). https://doi.org/10.1108/03090561011032757

Hamzah,Y. I. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia. 8(3):1-9

Herdiana, D. (2019). Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), September, 63. https://doi.org/10.24843/jumpa.2019.v06.i01.p04

Irfan, P., & Apriani, A. (2017). Analisa Strategi Pengembangan E-Tourism Sebagai Promosi Pariwisata Di Pulau Lombok. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(3), 325–330. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.164.325-330

Islam, J., & Rahman, Z. (2017). The impact of online brand community characteristics on customer engagement: An application of Stimulus-Organism-Response paradigm. Telematics and Informatics, 34(4), 96–109. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.01.004

Isnaini, S. (2009). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu sebagai Penyampai Pesan Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan Dan Politik, 22(4), 324–332.

Jensen, M. L., Dunbar, N. E., Connelly, M. S., Taylor, W. D., Hughes, M., Adame, B., & Rozzell, B. (2014). Organizational balancing of website interactivity and control: An examination of ideological groups and the duality of goals. Computers in Human Behavior, 38, 43–54. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.05.015

Kotler, Keller. 2009. Marketing Management. 13th Edition. Pearson International Edition.

Kim, J., Lee, C., & Elias, T. (2015). Factors affecting information sharing in social networking sites amongst university students: Application of the knowledge-sharing model to social networking sites. Online Information Review, 39(3), 290–309. https://doi.org/10.1108/OIR-01-2015-0022

Kuryanti, S. J., & Indriani, N. (2018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata (Studi Kasus: Pantai Jatimalang, Purworejo). Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 37–46.

Kuswanti, A. Oktarina, S. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Di Era Digital Bagi Kemandirian Ibu Rumah Tangga. Journal of Extension and Development, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.2307/j.ctt9qh4tk.22

Lawang, R. M. Z., Meilani, N. L., Puteri, B. P. T., & Ekoriano, M. (2021). Kesenjangan Digital Pada Keluarga Jawa Di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Analisa Sosiologi, 10(2), 374–395. https://doi.org/10.20961/jas.v10i2.50502

Luxton S, Reid M, Mavondo F. 2015. Integrated marketing communication capability and brand performance. Journal of Advertising. 44(1): 37-46. https://doi.org/10.1080/00913367.2014.934938

Muntadliroh. 2016. Strategi komunikasi pemasaran terpadu jasa ekowisata di kebunraya eka karya, Bedugul Bali. Jumpa. 3(1):40-59

Mihart, C. (2012). Impact of Integrated Marketing Communication on Consumer Behaviour: Effects on Consumer Decision – Making Process. International Journal of Marketing Studies, 4(2), 121–129. https://doi.org/10.5539/ijms.v4n2p121

Oktarina, S., Hakim, N., & Zainal, A. G. (2019). Persepsi Petani terhadap Strategi Komunikasi Penyuluh dalam Pemanfaatan Media Informasi di Era Digital. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 216–226. https://doi.org/10.46937/17201926852

Prideaux, B., & Mcnamara, K. E. (2013). Turning a Global Crisis into a Tourism Opportunity: The Perspective from Tuvalu. International Journal of Tourism Research, 15(6), 583–594. https://doi.org/10.1002/jtr.1883

Relling, M., Schnittka, O., Sattler, H., & Johnen, M. (2016). Each can help or hurt: Negative and positive word of mouth in social network brand communities. International Journal of Research in Marketing, 33(1), 42–58. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2015.11.001

Riyanto Suprayitno, A., Sumardjo, S., S. Gani, D., & Ginting Sugihen, B. (2011). Model Peningkatan Partisipasi Petani Sekitar Hutan Dalam Pengelolaan HUTAN KEMIRI RAKYAT: Kasus Pengelolaan Hutan Kemiri Kawasan Pegunungan Bulusaraung Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. (Disertasi) Jurnal Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 8(3), 176–195. https://doi.org/10.20886/jsek.2011.8.3.176-195

S., H., Sumardjo, S., Asngari, P. S., Tjitropranoto, P., & Susanto, D. (2008). Kapasitas Petani Dalam Mewujudkan Keberhasilan Usaha Pertanian: Kasus Petani Sayuran Di Kabupaten Pasuruan Dan Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jurnal Penyuluhan, 4(1). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v4i1.2164

Setyowardhani, H., Susanti, H., & Riyanto. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 19–26. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2848

Stephan H. Haeckel. (1998). About the nature and future of interactive marketing - Haeckel - 1999 - Journal of Interactive Marketing - Wiley Online Library. Journal of Interactive Marketing, 12, 63–71. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/(SICI)1520-6653(199824)12:1%3C63::AID-DIR8%3E3.0.CO;2-C/abstract

Sullins, M., Moxon, D., & Mcfadden, D. T. (n.d.). This document is discoverable and free to researchers across the globe due to the work of AgEcon Search . Help ensure our sustainability . Developing Effective Marketing Strategies for Agritourism : Targeting Visitor Segments.

Wang, C., Zhou, Z., Jin, X. L., Fang, Y., & Lee, M. K. O. (2017). The influence of affective cues on positive emotion in predicting instant information sharing on microblogs: Gender as a moderator. Information Processing and Management, 53(3), 721–734. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2017.02.003

Wong, C. H., Tan, G. W. H., Tan, B. I., & Ooi, K. B. (2015). Mobile advertising: The changing landscape of the advertising industry. Telematics and Informatics, 32(4), 720–734. https://doi.org/10.1016/j.tele.2015.03.003

Yap, W. C., & Wei Han Tan, G. (2017). Mobile social media marketing: a partial least squares structural equation modelling approach. International Journal of Modelling in Operations Management, 6(3), 172. https://doi.org/10.1504/ijmom.2017.10005799

Zhou, Z., Su, C., Zhou, N., & Zhang, N. (2016). Becoming Friends in Online Brand Communities: Evidence From China. Journal of Computer-Mediated Communication, 21(1), 69–86. https://doi.org/10.1111/jcc4.12147

Published
2023-10-13
How to Cite
SantosoH., SalehA., HubeisM., & Budi PriatnaW. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Komunikasi Pemasaran Pelaku Desa Wisata di Kabupaten Bogor: Factors Affecting Marketing Communication of Tourism Village’s Actors In Bogor Regency. Jurnal Penyuluhan, 19(02), 308-318. https://doi.org/10.25015/19202343004