Keberhasilan Pelatihan Kewirausahaan bagi Wirausaha Baru (WUB)
Abstract
This study aims to evaluate the effectiveness of entrepreneurships training for new entrepreneurs using the CIPP model (Context, Input, Process and Product). Data collected by questionnaires from 164 training participants who were randomly selected proportionally according to participant’s district origin in Bogor Regency West Java. The results showed that the Entrepreneurships Training for New Entrepreneurs was declared effective in the Context, Input, and Process dimensions. However, in the Process dimension, the Entrepreneurships Training for New Entrepreneurs is less supported by the availability of facilities and infrastructure, the suitability of learning media and learning methods. As for the Product dimension, the Entrepreneurships Training for New Entrepreneurs is less effective, especially in changing the mental attitude of training participants, application of skills and business performance of training participants. In general, the implementation of the Entrepreneurships Training for New Entrepreneurs can be declared effective. The recommendations that can be conveyed is the need to improve the quality of the implementation of Entrepreneurships Training for New Entrepreneurs in the future.
Downloads
References
Arikunto, S. 1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. dan Jabbar, A. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis bagi Praktisi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bungin, B. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2014 Perkembangan UMKM pada Periode 2007- 2013. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/statictable/2014/01/30/1322/tabel-perkembangan-umkm-pada-periode-1997--2013.html
Christanti, A. 2016. Studi Peranan Pelatihan Kewirausahaan terhadap Pembentukan Sikap dan Intensi Kewirausahaan di Sentra Industri Produk Roti dan Kue Rungkut Lor, Surabaya. AGORA. Vol. 4. No. 1. Hal. 242 – 248. Tersedia pada: https://onesearch.id/Record/IOS2786.ai:ispektra-36002
Darodjat dan Wahyudhiana. 2015. Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina. Vol. XIV. No. 1. Hal. 1-28.
Depkop.go.id. 2018. Jawa Barat dalam Angka 2017. Tersedia pada: http://www.depkop.go.id/uploads/tx_rtgfiles/04._Paparan_Rakornas_Yogyakarta_2018_-_Jawa_Barat.pdf
Djaali, Mulyono, dan Ramly. 2000. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs UNJ.
Effendi, S. dan Tukiran. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Gay, L. R. dan Diehl, P. L. 1992. Research Methods for Business. London: Macmillan Publishing Company.
Goukm.id. 2016. Pengertian UKM & UMKM? Bagaimana Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Tersedia pada: https://goukm.id/apa-itu-ukm-umkm-startup/
Hafni, R. dan Rozali, A. 2015. Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Vol. 15, (2), 77-96. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.30596%2Fekonomikawan.v15i2.1034
Hamzah, L. M. dan Agustien, D. 2019. Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Pendapatan Nasional pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 8. No. 2, 2019. Tersedia pada: http://feb.unila.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/5.-Pengaruh-Perkembangan-Usaha-Mikro-Kecil-Dan-Menengah-Terhadap-Pendapatan-Nasional-Pada-Sektor-Umkm-Di-Indonesia.pdf
Indonesiabaik.id. 2018. UMKM Menopang Ekonomi Indonesia. Tersedia pada: https://indonesiabaik.id/ infografis/umkm-menopang-ekonomi-indonesia
Karsidi, R. 2001. Paradigma Baru Penyuluhan Pembangunan dalam Pemberdayaan Masyarakat. Mediator. Vol. 2. No. 1. Hal. 115-125. Tersedia pada: https://doaj.org/article/e480cb1c7fd04f3db6b10914c8fbd6d8
Kemenkopukm.go.id. 2019. Tabel 1 Pekembangan Data Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018 – 2019. Tersedia pada: https://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1617162002_SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019.pdf
Kontan.co.id. 2018. Jumlah Pelaku UMKM di 2018 Diprediksi Mencapai 58,97 Juta Orang. Tersedia pada: https://keuangan.kontan.co.id/news/jumlah-pelaku-umkm-di-2018-diprediksi-mencapai-5897-juta-orang
Korsatani.com. 2021. Paradigma dan Falsafah Penyuluhan, Penjelasan dan Perbedaannya. Tersedia pada https://korsatani.com/paradigma-dan-falsafah-penyuluhan-penjelasan-dan-perbedaannya/
Mulyatiningsih, E. 2011. Evaluasi Proses Suatu Program. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslimin, Asriati, N., Syahrudin, H. 2014. Analisis Dampak Positif Pelatihan Kewirausahaan dalam Peningkatan Usaha Anggota BMT Sidogiri Kecamatan Teluk Batang. Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Ekonomi BKK Koperasi. Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tanjungpura. Pontianak. Tersedia pada: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/6609/6845
Nafiati, D. A. 2021. Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif dan psikomotorik. Humanika. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. Vol. 21. No. 2. Hal. 151 – 172. Tersedia pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/29252/pdf
Nawawi, H. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Opendata.bogorkab.go.id, 2020. Jumlah Usaha Mikro dan Kecil Menengah di Kabupaten Bogor 2016-2021. Tersedia pada: https://opendata.bogorkab.go.id/dataset/jumlah-usaha-mikro-dan-kecil-menengah-di-kabupaten-bogor-tahun-2016-2021
Rosianti, W. dan Susilo, H. 2014. Upaya Dinas Koperasi UKM dalam Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha (Studi pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 12. No. 1. Tersedia pada: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/ jab/article/download/488/685
Saepudin, A., Ardiwinata, J. S., Ilfiandra, Sukarya, Y. 2015. Efektivitas Pelatihan dan Efikasi Diri dalam Meningkatkan Perilaku Berwirausaha pada Masyarakat Transisi. Mimbar. Vol. 30. No. 1. Hal. 93 – 102. Tersedia pada: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1130
Sasongko, D. 2020. UMKM Bangkit, Indonesia Terungkit. Tersedia pada: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html#:~:text=Hal%20ini%20bisa%20dipahami%20karena,jumlah%20pelaku%20usaha%20di%20Indonesia.
Stufflebeam, D. L. dan Coryn, C. L. S. 2014. Evaluation Theory, Models, and Applications. San Fransisco: Jossey-Bass A Wiley Brand.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wirausahabarujabar.net. 2018. Program Wirausaha Baru Jawa Barat. Tersedia pada: http://www.wirausahabarujabar.net/program-wub/
Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Worthern, B. R. dan Sanders, J. R. 1987. Educational Evaluation, Alternative Approaches and Practical Guidelines. New York & London: Longman Inc.
Copyright (c) 2022 Ratri Virianita, Amiruddin Saleh, Warcito, Mintarti, Syaeful Asikin, M. Hajat Sjafri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles published in Jurnal Penyuluhan are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license. Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Penyuluhan to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.