Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Reviewhave been followed.

PETUNJUK PENULISAN

ABSTRAK (11 pt)

Abstrak seringkali disajikan terpisah dari artikel, sehingga harus dapat berdiri sendiri. Abstrak yang disiapkan dengan baik memungkinkan pembaca untuk mengidentifikasi isi dasar dari sebuah dokumen dengan cepat dan akurat, untuk menentukan relevansinya dengan minat mereka, dan dengan demikian memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan. Abstrak harus informatif dan benar-benar jelas, memberikan pernyataan yang jelas tentang masalah, pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan menunjukkan temuan dan kesimpulan utama. Abstrak tidak boleh melebihi dari 250 kata. Referensi harus dihindari, tetapi jika penting, maka kutip penulis dan tahun. Nomenklatur standar harus digunakan, dan singkatan yang tidak standar atau tidak biasa harus dihindari, tetapi jika penting mereka harus didefinisikan pada saat pertama kali disebutkan dalam abstrak itu sendiri. Tidak ada literatur yang harus dikutip. Daftar kata kunci memberikan kesempatan untuk menambahkan 3 sampai 5 kata kunci, yang digunakan oleh layanan pengindeksan dan abstrak, selain yang sudah ada di judul (11 pt).

Kata Kunci: Kata Kunci Pertama, Kata Kunci Kedua, Kata Kunci Ketiga, Kata Kunci Keempat, Kata Kunci Kelima

PENDAHULUAN (11 pt)

Pedoman ini digunakan sebagai templete untuk Jurnal Sains Terapan Sekolah Vokasi IPB University. Format teks utama terdiri dari margin kiri 4 cm, margin kanan 3 cm, margin atas, 3 cm dan margin bawah 3 cm pada format kertas A4. Naskah ditulis dalam Microsoft Word, spasi tunggal, Arial 11 pt, dan terdiri dari maksimal 15 halaman untuk artikel.

Judul artikel harus merupakan kata-kata sesedikit mungkin yang secara akurat menggambarkan isi makalah. Judul harus ringkas dan informatif dan panjangnya tidak lebih dari 15 kata. Jangan gunakan akronim atau singkatan dalam judul Anda dan jangan sebutkan metode yang Anda gunakan, kecuali makalah Anda melaporkan pengembangan metode baru. Judul sering digunakan dalam sistem pencarian informasi. Hindari menulis rumus panjang dengan subskrip pada judulnya.

Bagian Pendahuluan harus memberikan:
i) latar belakang yang jelas,
ii) pernyataan masalah yang jelas,
iii) literatur yang relevan tentang subjek,
iv) pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan
v) nilai baru penelitian yang merupakan inovasi (dalam 3-6 paragraf).
Ini harus dimengerti oleh rekan-rekan dari berbagai disiplin ilmu. Istilah dalam bahasa asing ditulis miring (italic). Teks harus dibagi menjadi beberapa bagian, masing-masing dengan judul yang terpisah dan diberi nomor secara berurutan (Marliati et al., 2008). Judul bagian atau sub bagian harus diketik pada baris terpisah, contoh: PENDAHULUAN. Artikel lengkap biasanya mengikuti struktur standar:
1. Pendahuluan,
2. Landasan Teori Komprehensif dan/atau Metode/Algoritma yang Diusulkan (opsional),
3. Metode Penelitian,
4. Hasil dan Pembahasan, dan
5. Kesimpulan.
Struktur ini dikenal sebagai gaya IMRaD.

METODE PENELITIAN (11 pt)

Menjelaskan secara ringkas dan jelas mengenai metode penelitian, tahapan kajian, penggunaan alat dan bahan, alat analisis yang digunakan, cara pengujian dan perolehan data. Deskripsi jalannya penelitian harus didukung referensi, sehingga penjelasan dapat diterima secara ilmiah.

HASIL DAN PEMBAHASAN (11 pt)

Pada bagian ini dijelaskan hasil penelitian dan sekaligus diberikan pembahasan yang komprehensif. Hasil dapat disajikan dalam bentuk gambar, grafik, tabel dan lain-lain yang dibuat mudah dipahami oleh pembaca (Sekaran dan Bougie, 2015). Pembahasan dapat dilakukan dalam beberapa sub bab.

Sub section 1, dst

Subsub section 1, dst

KESIMPULAN (11 pt)

Disajikan secara ringkas dan harus memiliki keterkaitan dengan judul, tujuan, metode dan hasil kajian/ tulisan.

DAFTAR PUSTAKA (11 pt)

Disusun berdasarkan abjad, tidak menggunakan nomor urut. Urutan penulisan sebagai berikut:

  • Daftar pustaka dari buku: nama pengarang, tahun terbit, judul buku, nama penerbit, tempat terbit, halaman.
  • Daftar pustaka dari jurnal: nama pengarang, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, nomor jurnal, halaman.
  • Daftar pustaka dari skripsi/tesis/disertasi: nama pengarang, tahun terbit, judul skripsi/tesis/disertasi (skripsi/tesis/disertasi)*, nama lembaga PT, tempat PT.

Format dapat diunduh : Template Petunjuk Penulisan JST

Tata cara melakukan submisi Jurnal dapat di unduh disini