Analisis Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Kopi Amungme Gold

Isi Artikel Utama

Natalia Tsolme
Bayu Krisnamurthi
Suharno Suharno

Abstrak

Keberhasilan Koperasi Kopi Amungme Gold sebagai pelaku usaha dapat dipegaruhi oleh model bisnis yang selama ini digunakan. Koperasi Kopi AMungme Gold menghasilkan produk Kopi Amungme Gold yang dibudidayakan secara tradisiolah oleh masyarakat Suku Amungme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis, kondisi internal dan eksternal koperasi dan menganalisis rancangan model bisnis baru untuk pengembanagn Koperasi Kopi Amungme Gold. Menggunakan metode wawancara kepada internal koperasi dan konsumen yang pernah membeli dan mengkonsusmsi kopi amungme gold. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif model bisnis yang saat ini digunakan Koperasi Kopi Amungme Gold dipetakan menggunakan Business Model Canvas. Setiap elemen BMC diidentifikasi menggunakan SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk menghasilkan alternatif-alternatif strategi yang dapat digunakan Koperasi Kopi Amungme Gold. Hasil analisis SWOT menjadi acuan untuk dianalisis dengan analisis empat langkah pada blue ocean Strategy untuk menghasilkan alternatif strategi pada BMC yang baru. Hasil penelitian menunjukan perlu adanya perubahan strategi usaha pada Koperasi Kopi Amungme Gold. Sehingga direkomendasikan beberapa strategi yaitu penambahan unit bisnis baru serta pembuatan konsep kafe edukatif, pelayanan konsumen menggunakan media online, pengembangan fasilitas pergudangan, dan peningkatan pelatihan serta pendampingan kepada petani dalam kegiatan budidaya.

Unduh

Rincian Artikel

Bagian
Articles
##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Jl. Kamper Wing 4 Level 5 Kampus IPB Dramaga, Indonesia

Referensi

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Aryani, E., Zanaria, Y., & Kurniawan, A. (2022). ANALISIS PERKEMBANGAN COFFEE SHOP SEBAGAI SALAH SATU PERANAN UMKM DI KOTA METRO (Study Kasus Pada Coffee Shop Janji Jiwa Dan Coffee Et Bien). Jurnal Akuntansi AKTIVA, 3(2), 2022.

Bagindo, M. P., Sanim, B., & Saptono, T. (2016). Model Bisnis Ekowisata di Taman Nasional Laut Bunaken dengan Pendekatan Business Model Canvas. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(1), 80–88. https://doi.org/10.29244/mikm.11.1.80-88

Budi, D., Mushollaeni, W., Yusianto, Y., & Rahmawati, A. (2020). KARAKTERISASI KOPI BUBUK ROBUSTA (Coffea canephora) TULUNGREJO TERFERMENTASI DENGAN RAGI Saccharomyces cerevisiae. Jurnal Agroindustri, 10(2), 129–138. https://doi.org/10.31186/j.agroindustri.10.2.129-138

Buulolo, P. (2018). Pentingnya Inovasi Dalam Meningkatkan Kinerja Koperasi. Jurnal Ilman, 6(1), 61–67.

Elvana, Y., Hariyati, H., & Setianto, B. (2022). Analisis swot untuk menentukan strategi bersaing saat masa pandemi covid-19 pada rumah sakit islam surabaya. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 5132–5147. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1807

Hanafi, A. Y., Martunis, M., & Sulaiman, M. I. (2018). Perilaku Konsumen (Consumer Behaviour) Berdasarka Kelompok Gender Dan Usia Pada Beberapa Formulasi Kopi Mix Arabika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 3(4), 785–793. https://doi.org/10.17969/jimfp.v3i4.9468

Hasibuan, M. F. A., Harianto, H., & Baga, L. M. (2023). Hydroponic vegetable business strategy development in PT. XYZ. Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 17(3), 485–492. https://doi.org/10.21107/agrointek.v17i3.15101

Hendar. (2010). Manajemen Perusahaan Koperasi (N. I. Sallama (ed.)). Erlangga.

Hubeis, M., & Najib, M. (2014). Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Efek Media Komputindo.

Jacobs, F. R., & Chase, R. B. (2016). Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan (W. T. Utami & A. Sustiwi (eds.); 14th ed.). Salemba Empat.

Jogiyanto, H. (2009). Sistem Teknologi Informasi (3rd ed.). Andi.

Khairunnisa, K., Daryanto, A., & Kirbrandoko, K. (2019). Strategi Pengembangan Pengelolaan Pasar Oleh Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya: Pendekatan Bisnis Model Kanvas. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(3), 501–512. https://doi.org/10.17358/jabm.5.3.501

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2016). Blue Ocean Strategy. Noura Books.

Lestari, H. D., Susilowati, D., & Khoiriyah, N. (2022). ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KOPI TUBRUK DI KABUPATEN GRESIK. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 1–10.

Mahdi, A. F., & Baga, L. M. (2018). Business Model Canvas Perusahaan Pengolah Rumput Laut. Forum Agribisnis, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.29244/fagb.8.1.1-16

Markides, C., & Charitou, C. D. (2004). Competing with dual business models: A contingency approach. Academy of Management Executive, 18(3), 22–36. https://doi.org/10.5465/AME.2004.14776164

McQuillan, D., & Scott, P. S. (2015). Models of internationalization: A business model approach to professional service firm internationalization. Advances in Strategic Management, 33, 309–345. https://doi.org/10.1108/S0742-332220150000033008

Novitaningtyas, I., Achsa, A., & Rahardjo, B. (2020). Strategi pemasaran desa brajan menuju desa wisata mandiri. 6(3), 591–601.

Nur T., F. I., M. Baga, L., & Burhanuddin, B. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Bawang Goreng UD. Hj. Mbok Sri di Kota Palu Sulawesi Tengah. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(2), 246–261. https://doi.org/10.29244/jai.2022.10.2.246-261

Nurgemamega, S. N., Subekti, S., & Rahmawati, Y. (2020). Permen Jelly Coffee Sebagai Pemanfaatan Coffee Defect. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 9(1), 49–55. https://doi.org/10.17509/boga.v9i1.23386

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. PT Elex Media Komputindo.

Paull, D., Banks, G., Ballard, C., & Gillieson, D. (2006). Monitoring the environmental impact of mining in remote locations through remotely sensed data. Geocarto International, 21(1), 33–42. https://doi.org/10.1080/10106040608542372

Payong, P., Piran, R. D., Jandu, I. H., Utama, W., Sudirman, P., & Taopan RA. (2021). Pelatihan Penanganan Pascapanen Kopi Di Kelurahan Nantal Golo Welu Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat Nusa Timur. Jurnal Abditani, 4(3), 162–168. http://abditani.jurnalpertanianunisapalu.com/index.php/abditani/article/view/80%0Ahttps://abditani.jurnalpertanianunisapalu.com/index.php/abditani/article/download/80/88

PT.Freeport Indonesia. (2019). Laporan Investasi Sosial PTFI 2019. 3. https://ptfi.co.id/id/media

Purwono, J., Sugyaningsih, S., & Roseriza, A. (2013). Analisis Kinerja Koperasi Produksi Susu dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Neo-Bis, 7(1), 1–16.

Rochmah, H. F., Kresnanda, A. S., & Asyidiq, M. L. (2021). Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi Sebagai Upaya Pemberdayaan Petani Kopi Di Cv Frinsa Agrolestari, Bandung, Jawa Barat. Jurnal Sains Terapan, 11(2), 60–69. https://doi.org/10.29244/jstsv.11.2.60-69
Ruslim, F. A., & Indriyani, R. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis Pt. Abc. Agora, 3(2), 439–446.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Cv.

Summase, A. P., Baga, L. M., & Kuswanti, H. (2022). Model Pengembangan Usaha Penangkaran Benih Padi pada UPB Tanete Tani Jaya, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.29244/jai.2022.10.1.1-14

Susanto, R. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Pt. Patrinsaka. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1689–1699.

Syahfitri, D., Nurhadi, E., & Amir, I. T. (2022). Bisnis Model Kanvas Pada PT. Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo Jawa Timur. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(1), 63–75. https://doi.org/10.29244/jai.2022.10.1.63-75

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia : Isu-isu Penting. LP3ES.

Trenggono, B., Daryanto, A., & Sanim, B. (2018). Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Usaha Pada The Coffee Bean dan Tea Leaf (TCBTL). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 398–408. https://doi.org/10.17358/jabm.4.3.398

Vanhala, E., & Kasurinen, J. (2014). The role of business model and its elements in computer game start-ups. Lecture Notes in Business Information Processing, 182 LNBIP, 72–87. https://doi.org/10.1007/978-3-319-08738-2_6

Wadi, H., & Rahanatha, B. G. (2013). KONSUMEN TERHADAP IKLAN PRODUK KOPI MEREK TOP Fakultas Ekonomi Universitas Udayana ( UNUD ), Bali , Indonesia perkembangan yang sangat cepat , diindikasikan dengan begitu banyaknya merek pada industri tersebut dengan meluncurkan merek TOP Coffee . Komunik. Fakultas Ekonomi UNUD, 2(1), 1036–1052.

Yulianingrum, H., Yunianti, I. F., & Ulu, M. A. N. (2020). Budidaya Kopi Rakyat dengan Pengeelolaan Bahan Organik Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca dan Cadangan Karbon. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(1), 97–106. https://doi.org/10.14710/jil.18.1.97-106