Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cyrano Café
DOI:
https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v18i1.57577Kata Kunci:
kepuasan konsumen, kualitas layanan, kualitas produk, minat beli uangAbstrak
ABSTRAK
Pesatnya pertumbuhan bisnis kuliner meningkatkan persaingan dalam menarik konsumen. Cyrano Café perlu meningkatkan upaya untuk memberikan pelanggan kepuasan dan minat untuk membeli ulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan konsumen, menganalisis pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap minat beli ulang, menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang konsumen di Cyrano Café. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive dengan jumlah sampel 100 responden. Data dianalisis secara deskriptif dan analitik menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan minat beli ulang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas produk dan kualitas layanan maka kepuasan konsumen meningkat dan konsumen yang puas memiliki keinginan untuk membeli kembali.
Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah NB. 2015. Pengaruh Kepuasan Terhadap Produk, Layanan, dan Store Atmosphere Dalam Meningkatkan Repurchase Intention Pelanggan Restoran D’Etre Bogor. [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Andita AC. 2017. Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen: Studi Kasus Pada Mahasiswa Konsumen Isoplus Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. [Skripsi]. Yogyakarta(ID): Universitas Sanata Dharma.
Bahar, A dan Sjaharuddin, S. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi dan Manajemen. [internet]. [diunduh pada 18 Mei 2019]. Tersedia pada http://www.researchgate.net
[Bapenda] Badan Pendapatan Daerah. 2017. Perkembangan Jumlah Restoran di
Kota Bogor 2013-2017. Bogor (ID): Dispenda Kota Bogor.
[Disbudparekraf] Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor. 2017. Data Pariwisata Kota Bogor 2017. Bogor (ID): Disbudparekraf Kota Bogor.
Ghozali, I. 2008. Structural Equation Modelling. Edisi II. Semarang. Universitas Diponegoro.
Ghozali I. 2014. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Edisi 4. Semarang (ID): Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartono, K. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan McDonald's Basuki Rahmat Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1-20.
Nugroho BA. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Saidani, B., Rachman, M. A. & Rizan, M. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 4(2), 201-217.
Umar. H. 2003. Metode Riset Terapan. Jakarta (ID): Ghalia Indonesia.
Umar, H. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta (ID) : PTGramedia Pustaka Utama.




%20Logo.png)
