ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI INSTAGRAM BOOKABUKU.COM SEBAGAI PERUSAHAAN START-UP BERBASIS PENDIDIKAN

Penulis

  • dhia utamie ferza a:1:{s:5:"en_US";s:3:"IPB";}

DOI:

https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v12i2.56006

Kata Kunci:

direct rating method, efektivitas iklan, EPIC method, start up

Abstrak

ABSTRAK

Peningkatan penggunaan internet di Indonesia terlihat dari tingginya minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari khususnya instagram. Instagram menjadi alat pemasaran iklan paling sering digunakan oleh pelaku bisnis saat ini.  Bookabuku.com merupakan salah satu start-up berbasis pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas iklan bookabuku.com yang disajikan melalui instagram. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa kuesioner secara online, serta data sekunder berupa studi literatur. Metode analisis yang digunakan adalah metode EPIC dan DRM. Menurut metode EPIC, hasil perhitungan EPIC rate diperoleh sebesar 3.27 yang berarti iklan sudah efektif dan sudah dapat memperkenalkan layanan bookabuku.com. Sementara dalam metode DRM , nilai direct rating sebesar 76.3 tergolong iklan hebat yang berarti memiliki kemampuan untuk mendapatkan perhatian, pemahaman, kognitif, afektif dan sikap untuk menggunakan layanan bookabuku.com.

Kata Kunci: direct rating method, efektivitas iklan, EPIC method, start-up.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA
Agustina L. 2013. Efektivitas Komunikasi Pemasaran Produk Olahan Pertanian Institut Pertanian Bogor di Serambi Botani, Mal Gandaria City [Skripsi]. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.
Ariestia V. 2012. Analisis Efektivitas Iklan dalam Memengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Seluler IM3 Versi “ Im3 Seru Gratis Ga Abis Abis” (Studi Kasus Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor). [Skripsi]. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.
Arifin A. 2003. Viral Marketing: Konsep Baru Berinvestasi dan Berwirausaha. Yogyakarta (ID) : Andi Offset.
Badan Pusat Statistik. 2017. Indeks Pembangunan Teknologi dan Informasi [Internet]. [Diunduh pada 2019 Feb 11]. Tersedia pada : https://www.bps.go.id/
CHGR. 2017. Jumlah bisnis rintisan berbasis teknologi (start-up) di Indonesia . [Internet]. [Diunduh pada 2019 Feb 11]. Tersedia pada : http://www.chg.res.in/.
Dharmasta BS. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta (ID) : BPFE.
Dinda A, Rara D, Irwansyah. 2018. Efektivitas Iklan Youtube Traveloka Terhadap Keputusan Pembelian. [Skripsi]. Bandung (ID) : Telkom University.
Durianto D, Sugiarto, Widjaja AW, Supratikno H. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta (ID) : PT. Gramedia Pustaka Utama.
E27.2013. Indonesia’s e Commerce Market Forecast to Double in 2013. [Internet]. [Diunduh pada 2019 Feb 11]. Tersedia pada : https://e27.co/indonesian-e-commerce-market-size-to-double-in-2013-to-us-8b/.
Edison. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung (ID) : alfabeta.
Euromonitor International. 2016. Digital Consumer Landscape: Indonesia. [Internet]. [Diunduh pada 2019 Apr 24]. Tersedia pada : https:// www.euromonitor.com/
Graham P. 2012. Want to start a start-up?. [Internet]. [Diunduh pada 2019 Feb 11]. Tersedia pada : https://www.paulgraham.com/growth.html
Indrawati KAP, Sudiarta IN, Suardana IW. 2017. Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial, Facebook dan instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata. 17(2): 78-83.
Johnson PD. 1996. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta (ID). Gramedia
Kasali R. 2007. Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.
Jakarta (ID) : Pustaka Utama Grafiti.
[Kominfo] Kementrian Komunikasi dan Informatika. 2018. Pengguna Internet di Indonesia [Internet]. [Diunduh pada 2019 Feb 11]. Tersedia pada : https://kominfo.go.id/
Kotler P, Amstrong G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1. Jakarta (ID) : Erlangga.
Kotler P, Keller KL. 2016. Marketing Management, Edisi ke-15. Pearson Education.
Nielsen AC. 2010. The Digital Media and Habits Attitudes of South Asian Consumers.
Progresstech. 2016. Jenis e-commerce [Internet]. [Diunduh pada 2019 Feb 26]. Tersedia pada : https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/
Rezki MA. 2019. Efektivitas Komunikasi Pemasaran Produk Kopi Lokal Pada UMKM. [Skripsi]. Bogor(ID) : Institut Pertanian Bogor.
Ries E. 2011. The Lean Start-up. Amerika Serikat (USA) : Crown Publishing Group.
Santoso, S. 2000. Latihan SPSS Statistik. Jakarta (ID) : Gramedia.Sari
Sufa F, Munas B. 2012. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Mie Sedap. Diponegoro Journal of Management. 1(1) : 226-233.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung (ID) : Alfabeta
Sulaksana U. 2007. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta (ID) : Pustaka Pelajar.
Techinasia. 2014. Strategi Bisnis Zenius [Internet]. [Diunduh pada 2019 Feb 11]. Tersedia pada : https://id.techinasia.com/inilah-strategi-bisnis-zenius-dalam-menghasilkan-pendapatan-rp-58-milyar-sepanjang-2013-hingga-2014.
Tjiptono F. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta (ID) : Andi.
UN. 2018. Sustainable Development Goals. [Internet]. [Diunduh pada 2019 Feb 11]. Tersedia pada : https://www.un.org/sustainabledevelopment/sustainable-development-goals/ .
We are social. 2018. Indonesian Digital Report [Internet]. [Diunduh pada 2019 Mar 30]. Tersedia pada : https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018.

Diterbitkan

2024-12-09

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI INSTAGRAM BOOKABUKU.COM SEBAGAI PERUSAHAAN START-UP BERBASIS PENDIDIKAN. (2024). Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 12(2), 91-99. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v12i2.56006