Strategi Optimasi Promosi Dalam Upaya Peningkatan Investasi Swasta Di Kabupaten Bogor

Penulis

  • Nina Widyani
  • A Faroby Falatehan
  • Himawan Hariyoga

DOI:

https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v16i1.55585

Kata Kunci:

Analytic Network Process, Investasi Swasta, promosi, strategi

Abstrak

ABSTRAK

            Persaingan antar daerah yang semakin tinggi menyebabkan pentingnya promosi dalam meningkatkan investasi swasta. Wilayah Kabupaten Bogor yang tersebar luas mengakibatkan perlunya sarana yang tepat dalam memperkenalkan Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian dari penulisan tesis ini yaitu membangun strategi pengembangan promosi agar dapat meningkatkan investasi swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analytic Network Process (ANP). Hasil metode ANP menunjukkan bahwa alternatif strategi yang menjadi prioritas pertama yaitu pengaturan program promosi yang lebih fokus dan terarah dengan nilai 0,549, prioritas kedua yaitu strategi pengembangan produk promosi sesuai potensi investasi dengan nilai 0,324, dan strategi peningkatan kualitas SDM dalam marketing komunikasi merupakan strategi dengan prioritas berikutnya dengan nilai 0,128.

Kata Kunci: Analytic Network Process, Investasi Swasta, Promosi, Strategi

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

[Bappedalitbang, BPS] Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Kabupaten Bogor dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. 2017. Buku Saku Indikator Ekonomi Daerah. Bogor (ID) : Bappedalitbang.

[BKPM] Badan Koordinasi Penanaman Modal. 2018. Rekapitulasi Realisasi Nilai Investasi PMA dan PMDN di Kabupaten Bogor.

[BPMPTSP] Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karawang. 2016. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Tahun 2016. [Internet]. [diunduh 2018 Okt 15]. Tersedia pada : http://ppid.karawangkab.go.id/sites/default/files/informasi_berkala/DPMPTSP LAKIP202016%20Gabungan.pdf.

[BPMPTSP] Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor. 2016. Profil Investasi Kabupaten Bogor. Bogor (ID) : BPMPTSP.

[DPMPTSP] Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor. 2017. Rekapitulasi SPIPISE Izin Prinsip PMA dan PMDN. Bogor(ID): DPMPTSP.

Hasan, Ali. 2013. Marketing. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Media Pressdindo.

Marantika, George Iwan. 2008. Strategi Promosi Investasi Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Kristen Immanuel (UKRIM).

Rahdiana, Dodi. 2011. Strategi Peningkatan Investasi Swasta di Kabupaten Bogor. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Rianse dan Abdi. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi. Bandung. CV. Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-12

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Strategi Optimasi Promosi Dalam Upaya Peningkatan Investasi Swasta Di Kabupaten Bogor. (2024). Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 12(1), 19-28. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v16i1.55585