Pengembangan Virtual Reality Walking Tour untuk Eksplorasi Jajanan Tradisional di Lawang Rangga Gading, Kota Bogor

Endang Purnama Giri(1) , Auzi Asfarian(2) , Muhammad Asyhar Agmalaro(3) , Firman Ardiansyah(4) , Dharma Pratama(5) , Rafif Rabbani(6) , Arhammirza Ibrahim(7)
(1) Computer Science Study Program, School of Data Science, Mathematics, and Informatics, IPB University, Bogor, Indonesia.,
(2) Computer Science Study Program, School of Data Science, Mathematics, and Informatics, IPB University, Bogor, Indonesia.,
(3) Computer Science Study Program, School of Data Science, Mathematics, and Informatics, IPB University, Bogor, Indonesia.,
(4) Computer Science Study Program, School of Data Science, Mathematics, and Informatics, IPB University, Bogor, Indonesia.,
(5) Computer Science Study Program, School of Data Science, Mathematics, and Informatics, IPB University, Bogor, Indonesia,
(6) Computer Science Study Program, School of Data Science, Mathematics, and Informatics, IPB University, Bogor, Indonesia,
(7) Computer Science Study Program, School of Data Science, Mathematics, and Informatics, IPB University, Bogor, Indonesia

Abstrak

Meningkatnya minat untuk melestarikan warisan budaya Indonesia, khususnya di Kota Bogor, memotivasi metode inovatif dalam pariwisata. Pandemi COVID-19 mempercepat pengembangan pariwisata virtual, yang memungkinkan pengalaman melalui platform digital, yang meluas ke ekowisata untuk pelestarian lingkungan dan inklusivitas. Studi ini memperkenalkan tur jalan kaki realitas virtual untuk memelihara dan mempromosikan situs sejarah dan budaya Bogor, dengan fokus pada Lawang Rangga Gading, pusat kuliner yang direvitalisasi. Penelitian ini menggabungkan teknik video imersif 360 dan prinsip desain interaksi untuk memberikan pengalaman yang menarik. Fitur desain utama meliputi pengembangan naratif berdasarkan sejarah lokal, navigasi adegan, dan gamifikasi menggunakan Octalysis Framework untuk memperkaya pengalaman pengguna. Sebagai kesimpulan, studi ini berhasil menunjukkan penggunaan tur jalan kaki VR untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya Bogor, khususnya di Lawang Rangga Gading. Pengujian pengguna menggunakan SUS mengungkapkan skor rata-rata 62,3, yang menunjukkan sistem yang dikembangkan memiliki rentang penerimaan yang sangat tinggi. Ada beberapa area yang perlu ditingkatkan: meningkatkan kemampuan belajar, menyediakan navigasi yang lebih mudah untuk mengurangi bantuan teknis, dan meningkatkan kejelasan sistem.

Artikel teks lengkap

Generated from XML file

Penulis

Endang Purnama Giri
endang_pg@apps.ipb.ac.id (Kontak utama)
Auzi Asfarian
Muhammad Asyhar Agmalaro
Firman Ardiansyah
Dharma Pratama
Rafif Rabbani
Arhammirza Ibrahim
Pengembangan Virtual Reality Walking Tour untuk Eksplorasi Jajanan Tradisional di Lawang Rangga Gading, Kota Bogor. (2025). Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 12(1), 50-58. https://doi.org/10.29244/jika.12.1.50-58

Rincian Artikel

Cara Mengutip

Pengembangan Virtual Reality Walking Tour untuk Eksplorasi Jajanan Tradisional di Lawang Rangga Gading, Kota Bogor. (2025). Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 12(1), 50-58. https://doi.org/10.29244/jika.12.1.50-58

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Inspeksi Usabilitas pada Locomotion Tiga Aplikasi Realitas Virtual Berbasis Cardboard

Auzi Asfarian, Hengky Rachmadhani, Firman Ardiansyah
Abstract View : 860
Download :465