Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Terhadap Pengguna E-Wallet Go-Pay di Kota JABODETABEK

Isi Artikel Utama

Aurora Shelbiana Putri Darmawan
Lucyana Trimo

Abstrak

Pembelian bahan makanan seperti sayur mengalami peningkatan melalui era digital selama masa pandemi. Tidak hanya itu, sistem pembayaran di Indonesia juga terbilang cukup pesat melalui produk uang elektronik berbasis aplikasi yaitu e-wallet. Hal ini menuntut pebisnis komoditas sayuran dan perusahaan Go-Pay dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan mengikuti perkembangan teknologi secara aman. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan proses keputusan pembelian sayuran yang dilakukan oleh konsumen dengan menggunakan e-wallet Go-Pay sebagai metode pembayaran, serta mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian sayuran melalui e-wallet Go-Pay di Kota JABODETABEK. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayuran oleh pengguna e-wallet Go-Pay di Kota JABODETABEK yaitu, faktor kemudahan transaksi dan kualitas, sosial dan harga, serta diskon dan promo. Faktor yang berkontribusi paling besar adalah kemudahan transaksi dan kualitas.


 

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Biografi Penulis

Aurora Shelbiana Putri Darmawan, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Indonesia

Cara Mengutip

Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Terhadap Pengguna E-Wallet Go-Pay di Kota JABODETABEK. (2022). Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 10(2), 211-221. https://doi.org/10.29244/jai.2022.10.2.211-221

Referensi

Anggono, B. N. T, Istiatin, & B, S. H. A. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan GOPAY (Studi kasus pada Mahasiswa UNIBA Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1).

Awuk, Melania. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayur Organik (Studi Kasus: di Gogrin Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang) [skripsi]. Malang: Universitas Katolik Widya Karya.

APJII. 2020. Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RI. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Fatoni, S. N., Susilawati, C., Yulianti, L., & Iskandar. 2020. Dampak Covid-19 terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan e-wallet di Indonesia. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.

Financcel. 2020. Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia. https://finaccel.co/wp-content/uploads/2020/08/Kredivo_Katadata_Ecom-Report.pdf [24 Agustus 2021]

Fitri Y. 2021. Tren Waithood atau Menunda Pernikahan di Kalangan Masyarakat Indonesia. https://beritajatim.com/ragam/tren-waithood-atau-menunda-pernikahan-di-kalangan-masyarakat-indonesia/ [16 Januari 2022]

Gong W, Stump RL, Maddox LM. (2013). Factors Influencis Consumers Online Shopping in China. Journal of Asia Business Studies, 7.

Hakim, M. A. 2020. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran pada Toko Sayur di Yogyakarta pada Masa Wabah Covid-19 [skripsi]. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Imam Ghozali. 2013. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 20,00. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iskandar. 2021. Daftar Dompet Digital yang Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia. https://www.liputan6.com/tekno/read/4472006/ini-daftar-dompet-digital-yang-paling-banyak-digunakan-orang-indonesia [27 Oktober 2021]

Iswahyudi, K., Prayuginingsih, H., & Hadi, S. 2020. Analisis Perilaku Konsumen Sayuran di Pasar Wilayah Kota Kabupaten Jember [skripsi]. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Kemp, Simon. 2020. Digital 2020: Global Digital Overview. https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media. [21 Agustus 2021]

[Kementan] Kementerian Pertanian. 2021. Pandemi Covid-19 Jadi Momen Mendongkrak Bisnis Hortikultura. https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=4382. [24 Agustus 2021]

McKinsey&Company. 2020. How Covid-19 is Changing Consumer Behavior- now and Forever. https://www.mckinsey.com/industries/retail/our-insights/how-covid-19-is-changing-consumer-behavior-now-and-forever [21 Agustus 2021]

Mishra R, Mishra O. N. (2018). A Hybrid PCA-AHP-Multi-grade Fuzzy Approach to Assess Marketing-Based flexibility. International Journal of Marketing Intelligence & Planning, 36(2).

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants Part 1. On the Horizon – the Strategic Planning Resource for Education Professionals, 9(5).

Rakasyifa, I dan Mukti, G. M. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayur dan Buah di Ritel Online. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1).

Restuningtyaswidi, H. dan Simamora L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah dan Sayur Terhadap Penggunaan Aplikasi di JABODETABEK. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 17(2).

Rohmat, Bangkit. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Layanan Provider Studi Kasus pada Pengguna Layanan Indosar Ooredoo di Kota Magelang [skripsi]. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarni,. Irawati L., Unterawati B., Yolandika C. (2018). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Kota Bandar Lampung. Journal of Food System and Agribusiness, 2(1): 17-24.

Udayana, I. G. 2011. Peran Agroindustri Dalam Pembangunan Pertanian. Denpasar: Universitas Warmadewa.

Ujianto & Abdurrahman. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung : Study Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6(1).

Yunianto, Tri K. 2021. Ekspansi Bisnis, Tahun 2022 TaniHub Group Targetkan Kerjasama dengan 1 juta Petani. https://www.marketeers.com/ekspansi-bisnis-tahun-2022-tanihub-group-targetkan-jalin-kerja-sama-dengan-1-juta-petani/ [06 Febuari 2022]