Prakata

  • Prakata Jurnal TIN

Abstract

P R A K A T A



Pembaca yang budiman,

Jurnal Teknologi Industri Pertanian memberikan kesempatan bagi penulis yang mempunyai karya hasil penelitian yang berbobot dalam pengembangan agroindustri hulu dan hilir, serta sistem manajemen pendukungnya.  Dalam penerbitan kali ini dapat dilihat hasil kajian yang meliputi kajian : (1) penerapan membran filtrasi dari selulosa asetat dan khitosan untuk produksi bersih pada industri pulp dan kertas, (2) kelayakan industri kerupuk jamur tiram, (3) karakterisasi membran filtrasi dari khitosan dengan berbagai jenis pelarut, (4) analisis faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen produk air minum dalam kemasan di Bogor, dan (5) pemisahan dan karakterisasi emulsifier dalam minyak cacing tanah (Lumbricus rubellus). 

Membran dengan ukuran pori tertentu dapat dibuat dengan bahan baku hayati, seperti selulosa dan khitosan yang dibahas dalam dua artikel pada edisi ini.  Dengan bantuan membran tersebut, banyak persoalan separasi atau pemisahan yang dapat terpecahkan dengan biaya relatif murah.  Dengan demikian perkembangan teknologi proses pemisahan menggunakan membran merupakan suatu langkah maju dalam menangani proses pemisahan produk-produk agoindustri maupun penanganan limbah cair agroindustri dalam arti luas yang berdampak pada prinsip produksi bersih untuk berbagai agroindustri dalam rangka mencapai industri yang safe and save. 

Selamat membaca


Ketua Dewan Editor
Ani Suryani
How to Cite
TINP. J. (1). Prakata. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 13(3). Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/4536