A MULTI-CRITERIA DECISION-MAKING APPROACH USING AHP FOR PUDAK PACKAGING SUPPLIER SELECTION
Abstract
Pemilihan pemasok merupakan salah satu hal krusial dalam kegiatan rantai pasok. Pentingnya pemilihan
pemasok sangat berpengaruh pada kualitas dan ketersediaan suatu produk. Pemasok kemasan pudak dalam
memenuhi kebutuhan kemasan pudak belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pemilihan pemasok
yang berbasis Multi-Criteria Decision Making (MCDM). MCDM yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Peran AHP pada penelitian ini yaitu menentukan pemasok terbaik
yang ada di Industri Pudak Gresik. Penentuan pemasok terbaik berdasarkan pada kinerja tiap pemasok. Ada 4
pemasok yang bekerja sama dengan industri pudak. Penelitian ini menggunakan kriteria berdasarkan hasil
wawancara dengan pemangku kepentingan di industry pudak Gresik. Kriteria terdiri dari harga, kualitas,
pengiriman, dan pelayanan. Penyelesaian menggunakan metode AHP terhadap 4 pemasok telah mendapatkan
nilai ranking pada masing-masing pemasok. Pemasok A merupakan prioritas pemasok terbaik dengan nilai
tertinggi yaitu 0,379. Analisis sesnsitivitas menghasilkan nilai peringkat dari pemasok konsisten walaupun
dilakukan perubahan bobot pada kriteria secara upward change maupun downward change. Penelitian ini mampu
menentukan supplier terbaik dan meningkatkan kinerja pemasok di masa yang akan datang.
Kata kunci : analisis sensitivitas, analytical hierarchy process (AHP), Multi-Criteria Decision Making, pemilihan
pemasok