Strategi Pemasaran Produk Mitraguna Di PT Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Di Region IV Jakarta)

  • Syarief Hidayat Tuanaya PT BSI Jakarta
  • Budi Suharjo Departemen Matematika, FMIPA IPB
  • Muhammad Findi Departemen Ilmu Ekonomi, FEM IPB
Keywords: consumer, financing, partner products

Abstract

Bank Syariah Indonesia (BSI) Region IV Jakarta adalah salah satu wilayah dari BSI yang memfokuskan pertumbuhan pembiayaan mitraguna kepada instansi pemerintah maupun BUMN di Jakarta. Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi profil nasabah yang memilih pembiayaan consumer Mitraguna di BSI; (2) Menganalisis faktor lingkungan eksternal dan internal yang memiliki dampak terhadap pertumbuhan pembiayaan consumer Mitraguna BSI; dan (3) Menyusun strategi bisnis yang tepat sesuai dengan faktor lingkungan eksternal dan internal BSI. Penelitian dilakukan di BSI Region IV Jakarta, pemilihan lokasi kajian dilakukan secara purposive, dengan pertimbangan kesediaan pihak manajemen bank untuk dijadikan lokasi kajian dan tersedianya data yang diperlukan. Waktu penelitian dilakukan bulan Juni-September 2024. Penelitian bersifat studi kasus yang dilakukan dengan cara menelusuri data dan informasi berupa faktor-faktor lingkungan, yaitu internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kinerja bank yang digambarkan dengan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Hasil skor total matriks IFE dan EFE selanjutnya dilakukan pemetaan dengan matriks Internal-External (IE) dan perumusan strategi untuk merumuskan alternatif strategi utama dengan matriks strengths, weaknesses, opportunities and threaths (SWOT). Penentuan prioritas strategi dengan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Hasil identifikasi faktor lingkungan internal sebagai dasar penentuan posisi perusahaan dengan matriks IE menunjukkan PT BSI Region IV Jakarta terletak pada sel V, yaitu jaga dan pertahankan. Berdasarkan hasil analisis SWOT, diperoleh alternatif strategi yang dapat diterapkan dan berdasarkan perhitungan dalam matriks QSP, diperoleh hasil strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan, yaitu membangun kemitraan atau kolaborasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif dalam menghadapi tantangan dan memenuhi harapan nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, P. 2020. Ada Corona, Kenaikan Biaya Operasional Bank Diprediksi Terus Berlanjut. https://finansial.bisnis.com/read/ 20200616/90/1253398/adacorona-kenaikan-biaya-operasional-bank-diprediksi-terus-berlanjut.

David, F.R. 2017. Strategic Management: Concepts and Cases. Pearson Education.

Ikbal, M, Chaliddin. 2022. Akad Murabahah dalam Islam. Al-Hiwalah: (Sharia Economic Law), 1(2): 143-156. DOI: https://doi.org/10.47766/ alhiwalah.v1i2. https://journal.iainlhokseu-mawe.ac.id/ index.php/AlHiwalah.

Indriarti, R. dan N.R. Chaidir. 2021. Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Untuk Merumuskan Strategi Bisnis. Manajerial, 20(1): 159-170.

Hubeis, M., M. Najib. 2014. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta (ID): PT Gramedia.

Kinnear, T.C., J.R. Taylor. 1991. Marketing Research, an Applied Approach. 4th Ed. New York (US): Mc Graw Hill.

Muhammadiah dan Zulhamdi. 2022. Implementasi Murabahah Pada Perbankan Syariah, Al-Hiwalah: Journal Syariah Economic Law, 1(1): 53-74.

Paranggi, A., A. Setiyowati. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Mitraguna Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Rungkut 1 Surabaya). MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 3(2): 123-132.

Reuer, J.J., & R. Ragozzino. 2022. Strategic alliances and governance: The role of organizational form in alliance performance. Strategic Management Journal.

https://doi.org/10.1002/smj.3250

Subagyo, A. 2015. Keuangan Mikro Syariah Suatu Pengantar. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Sekaran, U. dan R. Bougie. 2016. Research methods for business: a skill-building approach. Seventh edition. West Sussex: John Wiley & Sons.

Veithzal, R. dan A. Arifin. 2010. Islamic Banking. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Zulhamdi. 2018. Kedudukan Fiqh Di Indonesia Pasca Kemerdekaan. At-Tafkir, 11(1): 1-30; https://doi.org/10.32505/at.v11i1.526.

Published
2025-03-01
How to Cite
TuanayaS. H., SuharjoB., & FindiM. (2025). Strategi Pemasaran Produk Mitraguna Di PT Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Di Region IV Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 20(1), 63-71. https://doi.org/10.29244/mikm.20.1.63-71
Section
Vol. 20 No. 1