Strategi Meningkatkan Pertumbuhan Pembiayaan Konsumer Griya Di Bank Syariah Indonesia Area Jakarta Fatmawati

  • Yoana Emilio IPB
  • Ma'mun Sarma Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB
  • Mimin Aminah Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB

Abstract

Bank syariah berkontribusi pada sektor properti dengan memberikan pembiayaan kepemilikan rumah syariah (KPR Syariah). Produk pembiayaan kepemilikan rumah di bank syariah disebut Pembiayaan Griya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi profile nasabah yang memilih pembiayaan konsumer Griya Bank Syariah Indonesia; (2) Menganalisa hubungan antara karakteristik pribadi dengan faktor-faktor yang dipentingkan; (3) Menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal yang memiliki implikasi terhadap pertumbuhan pembiayaan konsumer Bank Syariah Indonesia; (4) Memformulasikan strategi bisnis yang sesuai dengan faktor lingkungan  eksternal dan internal Bank Syariah Indonesia; dan (5) Menentukan prioritas strategi bagi pertumbuhan pembiayaan konsumer yang dapat diimplementasikan oleh Bank Syariah Indonesia. Bank Syariah yang dipilih untuk studi kasus ini adalah PT Bank Syariah Indonesia Tbk., karena merupakan bank syariah terbesar di Indonesia dengan aset Rp371 triliun per September 2024. Lokasi sampel yang diambil adalah Kawasan Fatmawati Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah tabulasi silang, matriks SWOT, dan QSPM. Metode tabulasi silang digunakan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik pribadi dengan faktor-faktor penting, dilanjutkan dengan analisis deskriptif dan kuantitatif yang terdiri dari matriks internal factor evaluation (IFE), matriks external factor evaluation (EFE), matriks internal-external (IE),  matriks strengths, weaknesses, opportunities, dan threaths (SWOT). Hasil Matriks IE Bank Syariah Indonesia Area Fatmawati Jakarta berada pada kuadran IV dengan matriks IFE sebesar 3,077 dan matriks EFE sebesar 2,961. Hasil ini menempatkan strategi pemasaran pada sel IV yang disebut strategi pertumbuhan dan pembangunan, sel kuat untuk matriks IFE dan sel tinggi untuk matriks EFE. Dalam posisi ini, perusahaan dimungkinkan untuk melakukan strategi intensif dan strategi integratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[BSI] Bank Syariah Indonesia. 2021. Laporan Tahunan Bank Syariah Indonesia Tahun 2021. Jakarta (ID): Bank Syariah Indonesia.

David, F.R. 2015. Strategic Management Concepts and Cases, A Competitive Advantage Approach, 15th edition. London: Pearson Education Limited.

Indriarti, R. dan N.R. Chaidir. 2021. Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Untuk Merumuskan Strategi Bisnis. Manajerial, 20(1): 159-170.

Indris, S. & I. Primiana. 2015. Internal And External Environment Analysis on The Performance Of Small And Medium Industries (SME’S) In Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 4(4), 188-196.

Kinnear, T.C., J.R. Taylor. 1991. Marketing Research, an Applied Approach. 4th Ed. New York (US): Mc Graw Hill.

Ma’mun, S., D. Solihin, & S. Nur Damayanti. 2023. Menakar Pengaruh Personal Selling Ter-hadap Evaluasi Alternatif Konsumen Dalam Pembelian Rumah Secara Syariah (Riset Di Perumahan Firdaus Garden Paku Haji Kab. Bandung Barat). Jurnal Pelita Nusa, 1(1): 1-8.

https://doi.org/10.61612/jpn.v1i1.4.

Marliah, T., I. Tunggara, N. Ismiyanti. 2024. Pengaruh Pembiayaan Pemilikan Rumah Griya Hasanah Terhadap Kepuasan Nasa-bah Di Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kantor Cabang Pembantu Padalarang. Jurnal Pelita Nusa: Sosial dan Humaniora. 4(1): 23-38.

OJK. 2022. Snapshot Perbankan Syariah Indonesia. Artikel dikutip tanggal 6 September 2022

Rangkuti, F. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Cetakan Keduapuluh Empat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sagantha, F. 2020. Meninjau Kinerja Bank Syariah Di Indonesia. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1): 31-40. DOI: 10.37481/sjr.v3i1. 123.

Sekaran, U. dan R. Bougie. 2016. Research methods for business: a skill-building approach. Seventh edition. West Sussex: John Wiley & Sons.

Sulaiman, F. 2021. 71 Tahun Berdiri, Segini Kredit yang Sudah Digelontorkan BTN. Artikel dikutip tanggal 4 Agustus 2022, https://www.warta-ekonomi.co.id/read-327074/71-tahun-berdiri-segini-kredit-yang-sudah-digelontorkan-btn

Published
2025-02-28
How to Cite
Yoana Emilio, SarmaM., & AminahM. (2025). Strategi Meningkatkan Pertumbuhan Pembiayaan Konsumer Griya Di Bank Syariah Indonesia Area Jakarta Fatmawati. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 20(1), 16-24. https://doi.org/10.29244/mikm.20.1.16-24
Section
Vol. 20 No. 1