Strategi Peningkatan Pemasaran Produk Ayam Organik Berkah Chicken

  • Alfi Ziadatun Nisa IPB University
  • Mimin Aminah Departemen Manajemen FEM IPB
Keywords: SWOT Analysis, Produk organik

Abstract

Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang berpusat di Kuningan, Jawa Barat. Adanya persaingan produk sejenis dan kurangnya promosi pemasaran menyebabkan penjualan masih belum maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi Berkah Chicken, (2) Merumuskan strategi alternatif berdasarkan matriks IE gambaran posisi perusahaan, dan (3) Merekomendasikan strategi alternatif yang tepat untuk meningkatkan pemasaran Berkah Chicken. Data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Penelitian menggunakan matriks IE dan SWOT untuk merumuskan strategi alternatif, serta QSPM untuk menentukan urutan prioritas strategi alternatif. Didapatkan faktor kekuatan utamanya produk bersertifikasi halal dan organik dengan memiliki peluang memperluas kerjasama dan produk ayam banyak diminati masyarakat. Hasil dari matriks IE menunjukkan ayam organik Berkah Chicken berada pada sel 4 dengan strategi Grow and Build, yaitu berada di posisi yang cukup baik dengan memanfaatkan kekuatan produk dan peluang yang ada. Analisis SWOT menghasilkan sembilan strategi alternatif dan strategi alternatif prioritas utamanya adalah memperluas kerja sama dengan restoran dan supermarket dari skor TAS sebesar 6,512.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliansi Organis Indonesia. 2019. Statistik Pertanian Organik Indonesia 2019. Firman AR, Wahyudi D, editor. Bogor: Alliansi Organis Indonesia.
David FR. 2012. Strategic Management: Konsep Manajemen Strategis. Ed ke-12. Jakarta (ID): Salemba Empat.
Published
2024-07-06
How to Cite
Ziadatun NisaA., & AminahM. (2024). Strategi Peningkatan Pemasaran Produk Ayam Organik Berkah Chicken. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 19(1), 60-68. https://doi.org/10.29244/mikm.19.1.60-68
Section
Vol. 19 No. 1