Strategi Pengembangan untuk UKM Abon Ayam Cap Jago di Purwokerto

  • Ervina Mela Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman
  • Gunawan Wijonarko Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman
  • Destya Choirunisa Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: kepentingan, kepuasan, konsumen, UKM abon ayam

Abstract

Perusahaan Abon Cap Jago merupakan Usaha Kecil Menengah di Purwokerto yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Namun seiring waktu, persaingan usaha sejenis semakin ketat. Perusahaan menyadari perlu adanya upaya memenangkan persaingan dengan cara memperbaiki berbagai atribut abon Cap Jago yang masih lemah berdasarkan penilaian kepuasan dan kepentingan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menentukan atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan mendapatkan strategi perbaikan untuk UKM abon ayam Cap Jago. Penelitian dilakukan dengan observasi dan survey dengan alat bantu kuesioner secara purposive sampling kepada konsumen yang berjumlah 100 orang, dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan atribut yang menjadi prioritas perbaikan adalah metode promosi melalui diskon, umur simpan produk, dan tekstur abon ayam. Strategi untuk perbaikan abon ayam Cap Jago meliputi pemberian potongan harga  untuk pembelian dalam jumlah banyak, penggantian kemasan dengan jenis polipropilen (PP), penambahan kalimat berisi saran pada label kemasan tentang penyimpanan dan penggunaan produk setelah kemasan dibuka, penambahan jumlah karyawan yang menangani daging ayam segar, pengurangan waktu perebusan daging ayam, penggunaan alat pengukur suhu dan waktu untuk perebusan dan penggorengan, serta penyusunan SOP (Standard Operation Procedure) yang lengkap

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standardisasi Nasional. 2013. Minyak Goreng. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.
Alibabic, V., Mujic, I., Rudic, D., Bajramovic, M., Jokic, S., Sertovic, E. dan Rutnic, A. 2012. Labeling of food products on the B&H market and consumer behavior towards nutrition and health information of the product. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 46: 973-979.
Ambarwati, H. 2013. Konsep HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan Pengendalian Mutu di UKM NTH Solo dalam Pembuatan Abon Ayam. Laporan Tugas Akhir. Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta.
Back, K.J. 2012. Impact-range performance analysis and asymmetry analysis for improving quality of Korean food attributes. International Journal of Hospitality Management. 31: 535-543.
Darini, M.A.W., Hartiati, A. dan Wiranatha, A.S. 2017. Analisis kepuasan konsumen ter-hadap kualitas produk dan pelayanan dengan menggunakan metode importance performance analysis (studi kasus di Angkringan Jinggo Bu Jero, Kediri Tabanan). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri. 5: 61-70.
Hubeis, M. dan Palupi, N.S. 2016. Strategi pengembangan bisnis restoran makassar berbahan baku hasil ternak dalam mendukung penyediaan makanan sehat (studi kasus di Restoran Marannu dan Karebosi Kelapa Gading). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. 11: 1-9.
Jayadi, A., Anwar, B. dan Sukainah, A. 2018. Pengaruh suhu penyimpanan dan jenis kemasan terhadap mutu abon ikan terbang. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. 2: 62-69.
Johnrencius, M., Herawati, N. dan Johan, V. S. 2017. Pengaruh penggunaan kemasan terhadap mutu kukis sukun. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Pertanian. 4: 1-15.
Kurniati, E., Silvia, E. dan Efendi, Z. 2016. Analisis kepuasan konsumen terhadap kue baytat Bengkulu. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia. 8: 67-75.
Lee, H.Y., Chang, H.W. dan Bae, H.J. 2011. Importance-performance analysis about sanitation management items performed by school food service workers. Korean journal of food and cookery science. 27: 21-31.
Lestari, S.I.P. 2018. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Sura-karta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship. 7: 129-140.
Lodhita, H.E., Santoso, I. dan Anggarini, S. 2014. Analisis pengaruh kualitas pelayanan ter-hadap kepuasan konsumen menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index) studi kasus pada Toko Oen, Malang. Jurnal UB.
Mamuaja, C.F. dan Aida, Y. 2014. Karakteristik gizi abon jantung pisang (Musa paradi-siaca) dengan penambahan ikan layang (Decap-terus sp). [Nutritional characteristics abon of banana inflorescence (Musa paradisiaca) with addition of scad fish (Decapterus sp)]. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan. 2: 28.
Mulyani, S.N.S. dan Setiani, B.E. 2006. Kadar kolesterol, keempukan dan tingkat kesuka-an chicken nugget dari berbagai bagian karkas broiler. Jurnal Protein. 13:
2013. SNI Minyak goreng.
Ndari, D.P. 2015. Pengaruh potongan harga terhadap pengambilan keputusan pembeli-an pada UD Upindo Raya cabang Tanah Grogot. e-Journal Administrasi Bisnis. 3:
Park, H., Oh, N., Jang, J.A., Yoon, H.R. dan Cho, M.S. 2016. Study on importance-performance analysis regarding selection attributes of rice-convenience foods. Journal of the Korean Society of Food Science and Nutrition. 45: 593-601.
Prasetyo, E., Nuhriawangsa, A.M.P. dan Swastike, W. 2012. Pengaruh lama perebusan terhadap kualitas kimia dan organoleptik abon dari bagian dada dan paha ayam petelur afkir. Sains Peternakan: Jurnal Penelitian Ilmu Peternakan. 10: 108-114.
Pratama, T.R., Rahman, N. dan Rahman, N. 2011. Analisis Kepuasan Konsumen Food Bar Kabupaten Subang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sains, Teknologi, dan Kesehatan. 2011, 311-318.
Puspitalena, A.R.T.R., Palupi, N.S. dan Giriwono, P.E. 2015. Peranan klaim gizi dan kesehatan pada susu pertumbuhan sebagai penentu keputusan pembelian. Jurnal Mutu Pangan. 2: 144-151.
Putra, E.W., Kumadji, S. dan Yulianto, E. 2016. Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (studi pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 38: 184-193.
Raga, S.M.N.T., Lalel, H.J.D. dan Mukkun, L. Studi proses penggorengan dan mutu minyak goreng pada usaha jajan goreng-an di Kota Kupang. Seminar Nasional Laboratorium Riset Terpadu Ke-1 Undana. 12-13 Agustus 2016. 2016, Kupang.
Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Santoso, I., Mulyarto, A.R. dan Maharani, S. 2012. Consumer Perception on Quality of Bakpao Telo with Importance–Performan-ce Analysis Method. Jurnal Teknologi Pertanian. 12.
Santoso, K.W., Waluyo, H.D. dan Listyorini, S. 2014. Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pem-belian permen Tolak Angin di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 3: 95-105.
Saragih, M.R.A., Sulaiman, I. dan Martunis, M. 2019. Pengaruh Kemasan Plastik Polieti-len dan Polipropilen terhadap Umur Simpan Abon Ikan Tongkol (Katsuwonus pelamis) dengan Menggunakan Model Arrhenius. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Per-tanian. 4: 385-396.
Sigit, M., Akbar, M. dan Fianti, L. 2017. Kualitas organoleptik abon ayam yang diberi perlakuan substitusi kacang tanah (Arachis hypogaea L.). Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia. 2: 1-8.
Sutaryo, S. dan Mulyani, S. 2004. Pengetahuan Bahan Olahan Hasil Ternak Dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Makalah di-sampaikan dalam rangka Pelatihan Penerapan Jaminan Mutu. Ungaran: UNDIP.
Ulum, H. 2007. Panduan Survei Kepuasan Konsumen. PT Sucofindo, Jakarta
Published
2021-01-27
How to Cite
MelaE., WijonarkoG., & ChoirunisaD. (2021). Strategi Pengembangan untuk UKM Abon Ayam Cap Jago di Purwokerto. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 40-47. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.40-47
Section
Vol. 15 No. 1