Prospek Pengembangan Minuman Teh Dalam Kemasan Merek Teh Asyik Berbasis Atribut Produk

  • M Asyik I-Crescent
  • M Hubeis Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • T Muhandri Departemen Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Insitut Pertanian Bogor
Keywords: prospek pengembangan, minuman teh kemasan, atribut produk, Teh Asyik

Abstract

Pengembangan minuman teh dalam kemasan merek Teh Asyik sebagai pendatang baru dikategori minuman teh dalam kemasan di tengah persaingan pasar ketat merupakan tantangan terbesar bagi PT Citra Pangan Mandiri untuk merebut perhatian konsumen dan pangsa pasar yang sebelumnya sudah dikuasai pesaing. Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis atribut-atribut produk yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli minuman teh dalam kemasan; (2) Menganalisis posisi produk merek Teh Asyik terhadap merek teh kemasan lainnya; dan (3) Menyusun strategi pengembangan produk merek Teh Asyik dalam meningkatkan daya saing.  Metode sampling adalah non-probability sampling dengan teknik convience sampling 22 responden dan tahap berikutnya dengan probabilty sampling dengan area sampling 406 responden. Hasil penelitian menunjukkan 12 atribut yang dijadikan parameter konsumen dalam menilai minuman teh dalam kemasan sesuai prioritas, yaitu: (1) harga, (2) volume (isi), (3) kemasan cup, (4) aroma, (5) cita rasa teh murni, (6) variasi rasa, (7) rasa manis, (8) merek, (9) tanggal kadaluarsa, (10) label halal, (11) kemudahan memperoleh dan (12) kebersihan cup. Berdasarkan analisis biplot dengan membandingkan Teh Asyik dengan Teh Gelas dan Mountea, maka Teh Asyik dipersepsikan memiliki keunggulan dalam harga; Teh Gelas dipersepsikan memiliki keunggulan atribut aroma, kebersihan cup dan rasa teh; dan Mountea dipersepsikan sebagai merek dengan variasi rasa beragam dan memiliki rasa manis pas.  Berdasarkan analisis Internal Factor Evaluation (IFE) diperoleh total skor 3,015, analisis External Factor Evaluation (EFE) diperoleh total skor 2,538, matriks internal dan eksternal (IE) yang disusun dari total skor matriks IFE dan EFE menunjukkan posisi perusahaan terletak pada kuadran IV, yaitu produk Teh Asyik dalam kemasan cup berada di posisi tumbuh dan berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, Fred R. 2008. Strategic Management. Jakarta (ID): Penerbit Salemba Empat.
Durianto Darmadi, Sugiarto, Sitinjak Tony. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta (ID): Gramedia.
Gabriel K R. 1971. The Biplot Graphic Display of Matrice with Application to Principal Component Analysis. Biometrika 68:453-367.
Pane AF. 2010. Analisis Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Produk Mountea Garuda Food [Tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Prabowo H, Asmara R. 2009. Analisis Sikap Konsumen Teh Botol Sosro Berdasarkan Atribut-Atribut Produk. Jurnal AGRISE Volume IX No. 1ISSN: 1412-1425.
Widodo P. 2010. Hubungan Antara Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Dalam Kemasan. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah Vol. 2 No. 1.
Published
2019-09-25
How to Cite
Nur AsyikM., HubeisM., & MuhandriT. M. (2019). Prospek Pengembangan Minuman Teh Dalam Kemasan Merek Teh Asyik Berbasis Atribut Produk. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 14(2), 109-117. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/33033
Section
Vol. 14 No. 2