Preferensi Siswa Sekolah Menengah Atas terhadap Pencarian Informasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah di Jakarta
Abstract
School snack food (SSF) needs to be a priority of food safety guarantees because the consumption of SSF concerns the quality of the young generation. The method of delivering information on SSF safety is an effective way to increase awareness of food safety. This study aimed to explore the preferences of high school students for the search for food safety information. The survey was conducted to 100 SMA and MA students in DKI Jakarta; the results were processed by SPSS program using chi-square analysis. The survey results showed that 60% of students liked information from online media. Fifty percent of respondents considered the source of information as the primary consideration, and 46% believed the government was a trusted source. SMA students prioritized information sources, while MA students prioritized sources and the title of information, which were positively correlated (p<0.05) with the infographic elements. Female students liked social networking and trusted the government and family. The male students preferred online media and trusted the government, family, and peers who are positively correlated with the type of media and trusted parties. The higher the level of parent’s education, the more knowledge about the development of information technology which is positively correlated with the choice of media types for students.
Downloads
References
Aprinta G dan Dwi E. 2017. Hubungan penggunaan media sosial dengan tingkat kepekaan sosial diusia remaja. The Messenger 9(1): 65-69. DOI: 10.26623/themessenger.v9i1.428
Arigia MB, Damayanti T, Sani A. 2016. Infografis sebagai media dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan publik bank Indonesia. Jurnal Komunikasi 8(2): 120-133.
Astuti D, Suryadi K, Nurbayani SK. 2018. Kontribusi orang tua dalam proses pergeseran gaya hidup anak. Sosietas 8(1): 478-484. DOI: 10.17509/sosietas.v8i1.12503
Halim NA. 2015. Penggunaan media internet di kalangan remaja untuk mengembangkan pemahaman keislaman. Jurnal Risalah 26(3): 132-150.
Indahsari RD, Setyati E. 2012. Desain simple dan modern dalam perancangan website penjualan. Jurnal JITIKA 6(2): 26-35.
Manalu HS, Su’udi A. 2016. Kajian Implementasi Pembinaan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) untuk Meningkatkan Keamanan Pangan: Peran Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota. Media Litbangkes 26(4): 249- 256. DOI: 10.22435/mpk.v26i4.5734.249-256
Miftah MN, Rizal E, Anwar RK. 2016. Pola literasi visual infografer dalam pembuatan informasi grafis (infografis). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 4(1): 87-94. DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11635
Novianto F. 2019. Proses penerapan kriteria infografis sebagai media penyampai informasi dalam praktik hubungan masyarakat pada direktorat jenderal hortikultura. [disertasi]. Jakarta (ID): Universitas Kristen Indonesia.
Nur A, Pradekso T, Setyabudi D, Herieningsih SW, Surrayya N. 2014. Pengaruh usia, tingkat pendidikan, dan jenis kelamin terhadap perilaku konsumsi media. Interaksi Online 2(4): 1-11.
Oktiningtyas P. 2018. Kemenarikan konten berita dalam menarik minat pembaca majalah bumi mina tani. Jurnal Litbang 14(2): 83-92. DOI: 10.33658/jl.v14i2.111
Santi NP. 2012. Hubungan Karakteristik Social Demografi Konsumen dengan Responden terhadap Stimuli Komunikasi Pemasaran (Produk Bancassurance AIA-BCA). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 1(2). ISSN 2337-3067.
Saptodewo F. 2014. Desain infografis sebagai penyajian data menarik. Jurnal Desain 1(1): 163-218.
Soenarno AR, Suharyono, Mawardi MK. 2015. Analisis pengaruh kualitas informasi dan kredibilitas sumber terhadap kegunaan informasi dan dampaknya pada adopsi informasi (studi pada masyarakat pengikut akun twitter resmi kaskus). Jurnal Administrasi Bisnis 25(1): 1-8.
Sudjana dan Rivai A. 2010. Media Pengajaran. Bandung (ID): Sinar Baru Algensido.
Sugiharto SA, Ramadhana MR. 2018. Pengaruh kredibilitas influencer terhadap sikap pada merek (studi pada mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi 8(2): 1-9.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.
Sulistiowati S. 2015. Hubungan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku pacaran pada remaja. [disertasi]. Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Syifa S, Sulistyowati, Musfar TF. 2014. Pengaruh keluarga dan kelompok referensi terhadap keputusan konsumen membeli kosmetika khusus pria (studi kasus merek nivea men di kota Pekanbaru). JOM Fekon 1(2): 1-15.
Widi RE. 2011. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian epidemiologi kedokteran gigi. Stomatognatic (J.K.G. Unej) 8(1): 27-34.
Wulandari R, Woro O. 2016. Efek smartcards dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik dalam memilih pangan jajanan. JHE 1(1): 1-6.
Yoga SI, Warmika GK. 2013. Hubungan karakteristik demografi dengan perilaku keluhan konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 2(9): 1106- 1124.