Analisis Tingkat Burnout Guru MTS Assa’idiyyah Ditinjau dari Tipe Kepribadian Disc
Keywords:
Anova, burnout, DISC, guru, kepribadian
Abstract
MTs Assa’idiyyah sebagai salah satu madrasah swasta memiliki guru sebagai penggerak utama kegiatan organisasi. Guru merupakan salah satu pekerjaan yang rentan terkena burnout atau gejala kejenuhan. Selain itu, setiap guru juga memiliki kepribadian yang berbeda sehingga memiliki respon yang berbeda juga terhadap burnout. Oleh karena itu, diperlukan penelitian sebagai bahan evaluasi kepribadian guru dan tingkat burnout yang mungkin mereka miliki. Tujuan penelitian adalah (1) Menganalisis tipe kepribadian DISC yang terdapat pada guru MTs Assa’idiyyah (2) Menganalisis tingkat burnout yang dialami oleh guru MTs Assa’idiyyah (3) Menganalisis perbedaan tingkat burnout antara beragam tipe kepribadian pada guru MTs Assa’idiyyah. Metode analisis data yang digunakan ialah Anova dengan satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian DISC yang mempengaruhi tingkat burnout guru ialah kepribadian yang terdapat pada graph 3 atau kepribadian sebenarnya dengan urutan Dominant, Compliance, Steady, dan Influence.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2016-11-23
How to Cite
IslamiZ. N., & KartikaL. (2016). Analisis Tingkat Burnout Guru MTS Assa’idiyyah Ditinjau dari Tipe Kepribadian Disc. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 7(1), 48-62. https://doi.org/10.29244/jmo.v7i1.14068
Section
Sumber daya Manusia dan Organisasi
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Organisasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.