Analisis Penerapan Prinsip Critical Non-Essentials pada Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Kota Bogor

  • Moh. Firmansah Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor
  • Pramono D Fewidarto Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor

Abstract

Problem utama yang dihadapi industri jasa adalah bagaimana mengurangi ketidaknyamanan konsumen ketika menunggu pelayanan, dan kondisi seperti ini juga dihadapi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Bogor. Prinsip-prinsip Critical Non- Essentials digunakan untuk membantu dalam mengidentifikasi fasilitas penunjang yang dibutuhkan untuk membuat konsumen merasa lebih nyaman ketika menunggu sepeda motornya diperbaiki atau diservis. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mengidentifikasi kondisi konsumen ketika menunggu pelayanan di AHASS saat ini; 2) Menganalisis fasilitas yang dibutuhkan konsumen AHASS dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip  Critical Non-Essentials; 3) Memprediksi peningkatan kenyamanan dan kepuasan konsumen.  Sampel konsumen dari penelitian ini adalah konsumen yang datang ke AHASS dan bersedia antri menunggu pelayanan. Digunakan metode accidental sampling dalam menentukan responden yang akan menjadi sumber data atau informasi. Analisis statistik deskriptif  dan tabulasi silang diterapkan untuk menentukan beberapa fasilitas prioritas utama yang dapat melengkapi yang ada, yang dapat membuat konsumen AHASS merasa senang sampai sepeda motor mereka selesai  diperbaiki.

Kata kunci : accidental sampling, analisis tabulasi silang, critical non-essentials, kenyamanan, statistika deskriptif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-25
How to Cite
FirmansahM., & FewidartoP. D. (2016). Analisis Penerapan Prinsip Critical Non-Essentials pada Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Kota Bogor. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 5(2), 167-181. https://doi.org/10.29244/jmo.v5i2.12164
Section
Sumber daya Manusia dan Organisasi