Analisis Penerapan Prinsip Critical Non-Essentials pada Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Kota Bogor
Abstract
Problem utama yang dihadapi industri jasa adalah bagaimana mengurangi ketidaknyamanan konsumen ketika menunggu pelayanan, dan kondisi seperti ini juga dihadapi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Bogor. Prinsip-prinsip Critical Non- Essentials digunakan untuk membantu dalam mengidentifikasi fasilitas penunjang yang dibutuhkan untuk membuat konsumen merasa lebih nyaman ketika menunggu sepeda motornya diperbaiki atau diservis. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mengidentifikasi kondisi konsumen ketika menunggu pelayanan di AHASS saat ini; 2) Menganalisis fasilitas yang dibutuhkan konsumen AHASS dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip Critical Non-Essentials; 3) Memprediksi peningkatan kenyamanan dan kepuasan konsumen. Sampel konsumen dari penelitian ini adalah konsumen yang datang ke AHASS dan bersedia antri menunggu pelayanan. Digunakan metode accidental sampling dalam menentukan responden yang akan menjadi sumber data atau informasi. Analisis statistik deskriptif dan tabulasi silang diterapkan untuk menentukan beberapa fasilitas prioritas utama yang dapat melengkapi yang ada, yang dapat membuat konsumen AHASS merasa senang sampai sepeda motor mereka selesai diperbaiki.
Kata kunci : accidental sampling, analisis tabulasi silang, critical non-essentials, kenyamanan, statistika deskriptif
Downloads
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Organisasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.