APLIKASI TEORI PLANNED BEHAVIOR DI SMAK DAN SMTI SEBAGAI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LINGKUNGAN KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN

  • Agus Siswono Program Studi Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Lailan Syaufina Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor
  • Siti Badriyah Rushayati Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor
Kata Kunci: green school, intensi perilaku, Partial Least Square (PLS), persepsi kontrol perilaku, sikap

Abstrak

Kementerian Perindustrian sangat konsen dengan masalah lingkungan dapat dilihat dari kebijakan pengembangan industri yang ramah lingkungan (industri hijau). Salah satu program reposisi kementerian untuk unit sekolah adalah penataan lingkungan sekolah menjadi green school. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat pengetahuan, sikap, dan intensi perilaku peduli lingkungan siswa SMK Kemenperin, menganalisis hubungan pengetahuan lingkungan hidup, sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap intensi perilaku peduli terhadap lingkungan siswa SMK Kemenperin, dianalisis dengan menggunakan program excell dan Struktural Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan pengetahuan lingkungan hidup, sikap dan intensi perilaku peduli lingkungan siswa SMK Kemenperin sangat baik oleh responden. Hasil analisis uji dengan Struktural Partial Least Square (PLS) diketahui bahwa variabel pengetahuan lingkungan hidup berpengaruh positif terhadap sikap tetapi tidak signifikan, sementara sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap intensi perilaku peduli lingkungan siswa SMK Kemenperin.

##plugins.generic.paperbuzz.metrics##

##plugins.generic.paperbuzz.loading##

Unduh

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Guru SMK SMAK Bogor
Jl. Binamarga I, Ciheuleut, Baranangsiang, Bogor Timur

Referensi

Afandi, R. 2013. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Jurnal pedagogia, vol. 2(1), Februari 2013 halaman 98-108.

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes 50(2).

Ajzen, I. 2005. Attitudes, Personality, and Behavior (2nd. Edition). England: Open University Press. McGraw- Hill.

Barkatin. 2016. Analisis Perilaku Pelajar Terhadap Lingkungan (studi kasus: pendidikan menengah di Kecamatan Parung, Kecamatan Ciseeng dan Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Tesis. PSL Pascasarjana. IPB. Bogor.

Dwiwahjono, A.S. 2019. 15 Pabrik Danone-Aqua raih penghargaan industri hijau. https://www. beritasatu.com/ekonomi/590925/15-pabrik-danoneaqua-raih-penghargaan-industri-hijau (16 Desember 2019).

Ghozali, I. 2011. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square, Badan Penerbit Undip, Semarang.

Gusti, A., Isyandi, I., Bahri, S., Afandi, D.2015. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Intensi Perilaku Pengelolaan Sampah Berkelanjutan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang. Journal Dinamika Lingkungan Indonesia, Juli 2015,p 100-107.

Jaolis, F. 2011. Profil Green Consumers Indonesia: Identifikasi Segmen dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Green Products. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2 (3): 18-39.

Kementerian Perindustrian. 2019. Daftar peraturan keputusan menteri perindustrian. http://jdih. kemenperin.go.id/site/peraturan/18/all/ (26 Desember 2019).

Kumar, B. 2014. Theory of Planned Behaviour Approach to Understand the Purchasing Behaviour for Environmentally.

Kostova, Z. dan Atasoy, E. (2008). Methods of Successful Learning. Environmental Education. Journal of Theory and Practice in Education, vol. 4(1), p48-78

Lee, K. 2008. Opportunities for Green Marketing : Young Consumers. Journal of Marketing Intelligence and Planning, 26 (6): 573-586..

Lendrawati. 2013. Faktor-faktor Determinan yang Berhubungan dengan Kepadulian Peserta Didik SMP Cendana Pekanbaru Terhadap Lingkungan Sekolah. Jurnal Pusat Penelitian Lingkungan Hidup.Riau (ID): Universitas Riau.

Meyer, A. 2015. Does Education Increase pro Environmental Behavior? Evidence from Europe. Jurnal Ecological Economic, 116,108-121.

Rezai, G., Teng, P.K., Mohamed, Z., Shamsudin, M.N. 2012. Consumer’s Awareness and Consumption Intention Towards Green foods. African Journal of Business Management, 6 (12): 4496-4503.

Sarwono, Narimawati. 2015. Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS SEM). Andi. Yogyakarta

Suryandari, N.K.D., Suprapti, N.W.S., Sukaatmadja, I.P.G. 2016. Aplikassi Theory of Planned Behavior dalam Menjelaskan Perilaku Ekologis Generasi Y di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 10, No. 1, Februari 2016. Universitas Udayana. Bali.

Diterbitkan
2022-04-01
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

Tidak ada artikel terkait yang ditemukan