Sifat Fisik dan Kimia, Jumlah Sel Somatik dan Kualitas Mikrobiologis Susu Kambing Peranakan Ettawa

  • Joni Setiawan Program Studi Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Sekolah Pascasarjana, Bogor Agricultural University (IPB)
  • Rarah Ratih Adjie Maheswari Bagian Teknologi Hasil Ternak, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Bogor Agricultural University (IPB)
  • Bagus Priyo Purwanto Bagian Ilmu Produksi Ternak Perah,, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Bogor Agricultural University (IPB)

Abstract

Induk kambing Peranakan Ettawa laktasi diseleksi dari peternakan Cordero Farm untuk menentukan variasi jumlah sel somatik (JSS), sifat fisik dan kimia, serta kualitas mikrobiologi susunya. Sampel susu individu diambil setiap hari (pemerahan pagi dan sore). Jumlah sel somatik sampel susu dianalisa dengan metode breed dan sifat dan kimia susu dianalisa dengan alat milk analyzer. Status inflamasi ambing ditentukan dengan uji tidak langsung (Uji IPB-1) dan uji bakteriologi menggunakan metode konvensional. Komposisi susu yang disekresikan 5-30 hari setelah melahirkan dan susu yang disekresikan lebih dari 30 hari setelah melahirkan tidak berbeda nyata (P<0,05), kecuali kadar lemak susu 5-30 hari setelah melahirkan lebih tinggi (P<0,05). Susu kambing PE dapat diklasifikasikan kedalam kualitas premium berdasarkan kadar lemak, SNF dan protein. Berdasarkan JSS 36,36% sampel susu kambing PE dapat diklasifikasikan sebagai kualitas standar, 50,65% sampel susu kambing PE diklasifikasikan sebagai kualitas premium dan 12,99% diklasifikasikan sebagai kualitas good. Rataan TPC dan jumlah bakteri Staphylococcus aureus sampel susu dengan skor uji mastitis +2 dan +3 dibawah standar maksimal yang ditetapkan. Sampel susu dengan skor uji mastitis netral, trace, dan +1dapat diklasifikasikan sebagai kualitas premium dengan TPC < 5,0x104 cfu/ml. Jumlah bakteri koliform untuk semua skor uji mastitis kecuali +3 tidak melebihi 103 cfu/ml, batas maksimal standar kontaminasi koliform.

Downloads

Download data is not yet available.
Section
Penelitian / Research