FACTOR AFFECTING BUSINESS SUSTAINABILITY OF SMALL AND MEDIUM COFFEE SHOP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberlangsungan kedai kopi bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di Bogor. Jumlah kedai kopi mencapai lebih dari 90 gerai pada tahun 2019 dan banyak diantara mereka yang terpaksa menutup usahanya pada tahun berikutnya. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan dari kedai kopi mandiri untuk memiliki sistem operasional yang baik. Faktor-faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah manajerial, pelayanan, produk, ukuran perusahaan, dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Responden terdiri atas 65 pengelola dan pemilik warung kopi mandiri di Bogor yang telah berumur lebih dari 1 tahun. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajerial, produk, dan layanan merupakan faktor yang secara signifikan mempengaruhi keberlangsungan usaha warung kopi mandiri secara positif. Sementara itu faktor ukuran perusahaan dan lingkungan tidak berpengaruh terhadap keberlanjutan dari kedai kopi mandiri. Selain itu diketahui dari penelitian ini bahwa faktor servis memediasi hubungan antara manajerial dan keberlanjutan secara signifikan dan positif. Dari sisi konsumen, pemilik harus memberikan pengalaman yang baik kepada konsumen agar konsumen dapat mencapai kepuasan.
Kata kunci: bisnis UKM, faktor internal, keberlanjutan, kedai kopi mandiri, SEM PLS