Strategi Peningkatan Konsumsi Ikan di Kota Depok, Jawa Barat

Nur Sokib, Nurheni Sri Palupi, Budi Suharjo

Abstract


Indonesia memiliki potensi ikan yang melimpah, tetapi tidak diikuti dengan tingkat konsumsi ikan dalam negeri yang tinggi. Dalam hal ini, perilaku, persepsi dan preferensi konsumen menjadi penting untuk diketahui. Tujuan penelitian ini menganalisis pola konsumsi ikan di masyarakat, menganalisis persepsi masyarakat terhadap produk ikan, mengidentifikasi preferensi masyarakat terhadap ikan dan menyusun strategi pengembangan peningkatan konsumsi ikan.  Metode dalam kajian menggunakan analisis deskriptif dan analisis logit. Responden dalam kajian berjumlah 120 responden anggota rumah tangga. Hasil kajian menunjukkan pola yang meningkat seiring dengan semakin bertambahnya usia. Pilihan konsumsi ikan dalam bentuk segar mengalami pergeseran menjadi bentuk olahan seiring dengan meningkatnya pendidikan konsumen. Preferensi masyarakat terhadap ikan secara umum menunjukkan pola preferensi yang homogen. Hasil analisis logit dan uji khi kuadrat menunjukkan bahwa hanya terdapat satu faktor yang paling dominan mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi ikan, yakni usia. Strategi pengembangan produk yang perlu dilakukan adalah mendekatkan ikan segar yang bermutu baik kepada masyarakat dan pengembangan produk olahan ikan bakso ikan, nugget ikan dan ikan kaleng, pengenalan ragam produk olahan dengan media yang tepat, serta mendekatkan ikan kepada masyarakat dengan harga terjangkau

Keywords


consumer, fish consumption, fish product

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29244/mikm.7.2.166-171

Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah

Program Studi Magister Pengembangan Industri Kecil Menengah (MPI), Sekolah Pascasarjana IPB

Jl. Raya Pajajaran, Kampus IPB Baranangsiang, Bogor 16144

Telp/Fax. (0251) 8386612

E-mail: mpiipb@indo.net.id

 

Visitor Unique

View My Stats



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.