Strategi Peningkatan Konsumsi Ikan di Kota Depok, Jawa Barat

  • Nur Sokib Kementerian Kelautan dan Perikanan
  • Nurheni Sri Palupi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATETA IPB
  • Budi Suharjo Departemen Statistika, FMIPA IPB
Keywords: consumer, fish consumption, fish product

Abstract

Indonesia memiliki potensi ikan yang melimpah, tetapi tidak diikuti dengan tingkat konsumsi ikan dalam negeri yang tinggi. Dalam hal ini, perilaku, persepsi dan preferensi konsumen menjadi penting untuk diketahui. Tujuan penelitian ini menganalisis pola konsumsi ikan di masyarakat, menganalisis persepsi masyarakat terhadap produk ikan, mengidentifikasi preferensi masyarakat terhadap ikan dan menyusun strategi pengembangan peningkatan konsumsi ikan.  Metode dalam kajian menggunakan analisis deskriptif dan analisis logit. Responden dalam kajian berjumlah 120 responden anggota rumah tangga. Hasil kajian menunjukkan pola yang meningkat seiring dengan semakin bertambahnya usia. Pilihan konsumsi ikan dalam bentuk segar mengalami pergeseran menjadi bentuk olahan seiring dengan meningkatnya pendidikan konsumen. Preferensi masyarakat terhadap ikan secara umum menunjukkan pola preferensi yang homogen. Hasil analisis logit dan uji khi kuadrat menunjukkan bahwa hanya terdapat satu faktor yang paling dominan mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi ikan, yakni usia. Strategi pengembangan produk yang perlu dilakukan adalah mendekatkan ikan segar yang bermutu baik kepada masyarakat dan pengembangan produk olahan ikan bakso ikan, nugget ikan dan ikan kaleng, pengenalan ragam produk olahan dengan media yang tepat, serta mendekatkan ikan kepada masyarakat dengan harga terjangkau
Published
2012-11-22
How to Cite
SokibN., PalupiN. S., & SuharjoB. (2012). Strategi Peningkatan Konsumsi Ikan di Kota Depok, Jawa Barat. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 7(2), 166-171. https://doi.org/10.29244/mikm.7.2.166-171
Section
Vol. 7 No. 2