Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Sayuran Organik

  • Dila Priastuti Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor
  • Arif Imam Suroso Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor
  • Mukhamad Najib Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat akhir-akhir ini, mempengaruhi kecenderungan konsumen Indonesia untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti makanan organik. Kesadaran masyarakat tentang kesehatan akan meningkatkan permintaan untuk sayuran organik. Fenomena ini mendorong persaingan antara produsen sayuran organik yang semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis faktor kondisi yang mempengaruhi daya saing sayuran organik; 2) Menganalisis strategi peningkatan daya saing sayuran organik; 3) Menganalisis prioritas strategi peningkatan daya saing sayuran organik. Data primer diperoleh wawancara dengan responden yang dipilih dengan menggunakan conveniance sampling. Model berlian Porter dan model lima kekuatan Porter digunakan untuk melihat faktor-faktor eksternal dan faktor kondisi daya saing dari sayuran organik. Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan strategi terbaik. Faktor tertinggi dari hasil analisa adalah sumberdaya modal, sumber daya alam dan lingkungan, infrastruktur dan kekuatan pemasok, sedangkan nilai terendah adalah pengaruh produk pengganti. Prioritas tertinggi yang dapat dipilih sebagai strategi alternatif adalah membangun citra positif dalam industri.

Kata kunci: analisis strategi, daya saing, sayuran organik.
Published
2016-05-25
Section
Sumber daya Manusia dan Organisasi