Effect of different feeding dossage on the growth of Cyprinus carpio and Macrones sp. by Cage-Cum-Cage system

  • M.R. Tossin Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura
  • . Sunarto Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • . Sabariah Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pontianak

Abstract

ABSTRACT

Feed is an element which requires largest cost in fish culture.  Inefficient in feeding can reduce profit.  In additon, intensive fish culture system requires efficiently the use of area.  Generally, not all space in fish cage filled by fish, because of the nature of fish that lives in some particular space on water such as the surface, middle space or bottom.  Cyprinus carpio andMacrones sp. was reared with gillnet inside gillnet (cage-cum-cage) and fed commercial diet in dose of 3%, 6%, 9% and 12%. Result show that feeding dose of 6% was an efficien mean by relative growth rate.  Growth rate of Cyprinus carpio was about 150.47% and Macrones was 208.87%.  Feed efficiency was about 81.89%. Survival rate of Cyprinus carpio was about 91.67% and Macrones was 86.67%.  Thus, feeding dose of 6% is recommended for Cyprinus carpio andMacrones in cage-cum-cage culture system.

Keywords:  growth, Cyprinus carpio,Macrones sp., feeding dose, cage-cum-cage

 

ABSTRAK

Pakan merupakan komponen yang membutuhkan biaya terbesar dalam usaha budidaya. Penggunaan pakan yang tidak efisiensi dapat mengurangi  keuntungan usaha. Selain itu budidaya yang intensif juga menuntut penggunaan ruang gerak ikan yang efisien. Umumnya tidak semua kolom air dalam karamba terisi dengan ikan yang dibudidayakan, karena sifat ikan mendiami bagian tertentu dalam air seperti di permukaan, di pertengahan atau di dasar perairan.  Ikan mas dan ikan baung dipelihara dengan jaring di dalam jaring (cage-cum-cage) dan diberi pakan dengan dosis  3%; 6%; 9% dan 12%. Hasil menunjukan bahwa dosis pakan 6% merupakan dosis yang efisien dalam penggunaan pakan dengan laju pertumbuhan relatif ikan mas 150,47 % dan ikan baung 208,87%, efisiensi pakan 81,89% dan kelangsungan hidup ikan mas 91,67% dan ikan baung 86,67%.  Dosis pakan 6% direkomendasikan sebagai dosis  yang sesuai untuk ikan mas dan ikan baung pada sistem cage-cum-cage.

Kata kunci : pertumbuhan, ikan mas, ikan baung, Cyprinus carpio, Macrones, dosis pakan, cage-cum-cage.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2008-01-01
How to Cite
[1]
TossinM., Sunarto. and Sabariah. 2008. Effect of different feeding dossage on the growth of Cyprinus carpio and Macrones sp. by Cage-Cum-Cage system. Jurnal Akuakultur Indonesia. 7, 1 (Jan. 2008), 59-64. DOI:https://doi.org/10.19027/jai.7.59-64.