Pendekatan Fungsi Dan Kelembagaan dalam Analisis Pemasaran Ikan Segar di Maluku Tengah (Functional and Institutional Approach in Analysis of Fresh Fish Marketing in the Region of Central Maluku)

Authors

  • Yolanda M.T.N Apituley
  • Eko Sri Wiyono
  • Musa Hubies
  • Victor P. H Nikijuluw

DOI:

https://doi.org/10.29244/jmf.4.1.67-74

Abstract

Penelitian ini dilakukan di sejumlah pasar ikan segar di Kawasan Maluku Tengah dan bertujuan untuk menganalisis perilaku pasar ikan segar dengan pendekatan fungsi dan kelemba-gaan. Pengetahuan tentang fungsi dan kelembagaan pemasaran berguna untuk mempertimbang-kan bagaimana pemasaran harus dilakukan, mengevaluasi biaya pemasaran akibat adanya perbedaan perlakuan serta mempertimbangkan sifat dan karakter dari pedagang perantara, hubungan agen dan susunan/perlengkapan organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat rantai pemasaran ikan segar di Kawasan Maluku Tengah dan fungsi jual, risiko, biaya dan informasi pasar dilakukan oleh semua lembaga yang ada pada setiap saluran pemasaran. Peran pedagang pengumpul dalam menentukan harga ikan di pasar sangat besar. Strategi pedagang untuk menarik pembeli adalah dengan menambah satu atau dua ekor ikan kepada pembeli. Pedagang jarang menurunkan harga jual ikan, namun ketika satu atau dua ekor ikan ditambahkan kepada konsumen, secara tidak sengaja pedagang telah menurunkan harga jual ikan.

Kata kunci: Maluku Tengah, fungsi dan kelembagaan, pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Yolanda M.T.N Apituley
    Program Studi Agribisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Pattimura
  • Eko Sri Wiyono
    Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB
  • Musa Hubies
    Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB
  • Victor P. H Nikijuluw
    Balai Penelitian Laut Jakarta, Kementerian Perikanan dan Kelautan

Downloads

Published

2013-10-19

How to Cite

Apituley, Y. M., Wiyono, E. S., Hubies, M., & Nikijuluw, V. P. H. (2013). Pendekatan Fungsi Dan Kelembagaan dalam Analisis Pemasaran Ikan Segar di Maluku Tengah (Functional and Institutional Approach in Analysis of Fresh Fish Marketing in the Region of Central Maluku). Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 4(1), 67-74. https://doi.org/10.29244/jmf.4.1.67-74