KEKUATAN DALAM KESULITAN: PENELUSURAN KOMPONEN PENDUKUNG WELAS DIRI PADA INDIVIDU DEWASA DARI KELUARGA DISFUNGSIONAL

Strength in Adversity: Exploring The Supporting Components of Self-Compassion in Individuals from Dysfunctional Family

Authors

  • Fransisca Clara Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Pelita Harapan, Jl. M. H. Thamrin Boulevard Lippo Village, Tangerang, 15811, Indonesia Author
  • Eunike Mutiara Himawan Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Pelita Harapan, Jl. M. H. Thamrin Boulevard Lippo Village, Tangerang, 15811, Indonesia; Program Studi Departemen Psikologi, Fakultas Arts dan Science, Sampoerna University, Jl. KH. Guru Amin, Pancoran, Jakarta Selatan, 12780, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.24156/jikk.2025.18.2.205

Keywords:

keluarga disfungsional, kesehatan mental dewasa, komponen pendukung, penelitian kualitatif, welas diri

Abstract

Individu yang tumbuh dalam keluarga disfungsional sering menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan welas diri akibat pengalaman emosional negatif yang berasal dari kondisi keluarga. Penelitian kualitatif ini bertujuan mengeksplorasi komponen-komponen yang mendukung pengembangan welas diri pada individu dewasa dari keluarga disfungsional. Data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi serta menjelaskan data yang diperoleh. Empat informan dipilih secara purposif berdasarkan hasil pengisian kuesioner Skala Welas Diri (SWD) dengan tingkat welas diri tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan welas diri dipengaruhi oleh komponen internal, seperti pola pikir berkembang dan spiritualitas; komponen eksternal, seperti dukungan sosial dan peristiwa hidup; serta keterlibatan dalam aktivitas yang mendukung kesadaran penuh (mindfulness). Temuan ini menunjukkan adanya pola jawaban yang serupa dalam membangun welas diri pada setiap informan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu individu dengan latar belakang keluarga disfungsional untuk mulai mengembangkan welas diri sebagai bagian dari proses pemulihan diri yang lebih baik.

References

Abrorry, L., & Firmansyah, D. A. (2023). Peran mendengarkan musik sebagai self healing dalam penurunan stres pada penyintas Covid-19 di Surabaya. Psycho Aksara Jurnal Psikologi, 1(2), 161–169. https://doi.org/10.28926/pyschoaksara.v1i2.1020

Aini, K., & Wulan, N. (2023). Pengalaman trauma masa kecil dan eksplorasi inner child pada mahasiswa keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan: studi fenomenologi. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 33–40. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.684

Aldyafigama, N. S., Baihiqi, M., & Pujasari, Y. (2018). Self-compassion tunanetra dewasa: Efek koping religius dan rasa syukur. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 78–79. https://ejournal.upi.edu/index.php/insight/article/viewFile/22255/10949

Apsari, D. A., & Utomo, H. B. (2024). Pentingnya self-compassion bagi kesehatan mental individu. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 4(1), 25–33. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v4i1.4167

Ardhana, A. K., Wijaya, R. P. C., & Manafe, R. P. (2022). “Beta tangguh”: Self-compassion pada penyintas keluarga disfungsional. Journal of Health and Behavioral Science, 5(3), 396–414. https://doi.org/10.35508/jhbs.v5i3.8767

Aulia, C. N., & Rahayu, M. N. M. (2022). Apakah terdapat kaitan antara self-compassion dan life satisfaction pada anak asuh? Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(4), 732–740. http://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.9243

Azra, M. Z. (2022). Hubungan dukungan sosial dengan self-compassion pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 7(2), 186–203. https://doi.org/10.47435/mimbar.v7i1.773

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2025, February 14). Statistik demografi dan sosial. Retrieved May 10, 2025, from https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/YVdoU1IwVmlTM2h4YzFoV1psWkViRXhqTlZwRFVUMDkjMyMwMDAw/jumlah-perceraian-menurut-provinsi-dan-faktor-penyebab-perceraian-perkara-.html?year=2024

Baharuddin. (2019). Pengaruh komunikasi orang tua terhadap perilaku anak pada MIN I Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam, 5(1). http://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v5i1.4207

Bee, H. L. (1996). The journey of adulthood (3rd ed.). Prentice-Hall, Inc.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. http://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Budianto, N., Musawwir, & Zubair, A. G. H. (2024). Gambaran self-compassion pada dewasa awal yang berstatus yatim piatu. Jurnal Psikologi Karakter, 4(2), 387–391. http://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3729

Chairunnisa, A. & Fourianalistyawati, E. (2019). Peran self-compassion dan spiritualitas terhadap depresi pada ibu hamil. Jurnal Psikologi Ulayat, 6(1), 14–36. http://doi.org/10.24854/jpu02019-131

Databoks Indonesia. (2024, February 28). Perselisihan hingga kawin paksa: Ini alasan perceraian di Indonesia pada 2023. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/ekonomi-makro/statistik/8b56b168ba5d81b/perselisihan-hingga-kawin-paksa-ini-alasan-perceraian-di-indonesia-pada-2023

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. Random House.

Fahrunnisa, H., Murad, A., & Hasanuddin, H. (2023). Hubungan empati dan dukungan sosial teman sebaya dengan komunikasi interpersonal pada siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binjai. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v5i1.1595

Fong, M., & Loi, N. M. (2016). The mediating role of self‐compassion in student psychological health. Australian Psychologist, 51(6), 431–441. https://doi.org/10.1111/ap.12185

Haimovitz, K., & Dweck, C. S. (2016). What predicts children’s fixed and growth intelligence mind-sets? Not their parents’ views of intelligence but their parents’ views of failure. Psychological Science, 27(6), 859–869. https://doi.org/10.1177/0956797616639727

Husnullail, M., Risnita, Jailani, M. S., & Asbui. (2024). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam riset ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 70–78. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1148

Indrawati, E. S., Hyoscyamina, D. E., Qonitatin, N., & Abidin, Z. (2015). Profil keluarga disfungsional pada penyandang masalah sosial di Kota Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 120–132. https://doi.org/10.14710/jpu.13.2.120-132

Islamy, M. R., Sas, S. F., & Wahidah, F. R. (2023). Peran growth mindset dan self-compassion terhadap subjective well-being pada remaja. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.22236/jippuhamka.v9i2.11386

Jannah, M., Hariastuti, R. T., & Nursalim, M. (2023). Negative impact of a dysfunctional family on adolescents: A literature study. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 10(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v10i2.57527

Kawitri, A. Z., Rahmawati, B. D., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Self-Compassion dan resiliensi pada remaja panti asuhan. Jurnal Psikogenesis, 7(1), 76–83. https://doi.org/10.24854/jps.v7i1.879

Khursheed, M., & Shahnawaz, M. G. (2020). Trauma and post-traumatic growth: Spirituality and self-compassion as mediators among parents who lost their young children in a protracted conflict. Journal of Religion and Health, 59, 2623–2637. https://doi.org/10.1007/s10943-020-00980-2

Komariah, M., Ibrahim, K., Pahria, T., Rahayuwati, L., & Somantri, I. (2023). Effect of mindfulness breathing meditation on depression, anxiety, and stress: A randomized controlled trial among university students. Healthcare, 11(1), Article 26. https://doi.org/10.3390/healthcare11010026

Lau, E. Y. H., Chan, K. K. S., & Lam, C. B. (2018). Social support and adjustment outcomes of first-year university students in Hongkong: Self esteem as a mediator. Journal of College Student Development, 59(1), 129–134. https://doi.org/10.1353/csd.2018.0011

Manna, N. S., Doriza, S., & Oktaviani, M. (2021). Cerai Gugat: Telaah penyebab perceraian pada keluarga di Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.36722/SH.V6I1.443

Matondang, F. S. P., Astuti, N. H., Rokan, N. H., Dewi, A. P., & Andinata, M. P. (2024). Peran dukungan sosial terhadap trauma broken home pada anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 26622–26629. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16517

Mirwani, S., Jannah, L. E., Lestari, T. P., Sholeh, M., Afifah, A., Sabilla, M., Fajriah, A., & Zakiyah, B. (2022). Studi kasus: Dinamika psikologis remaja dalam ruang lingkup keluarga disfungsional. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 2(2), 135–144. https://doi.org/10.30762/happiness.v2i2.346

Mohammadian, Y., Asl, I. M., Khanjani, S., & Mahki, B. (2019). The mediating role of self-compassion in the relationship between emotional dyslexia and borderline personality symptoms with non-suicidal self-injurious behavior in soldiers. Journal of Military Medicine, 22(12), 1250–1242. https://doi.org/10.30491/JMM.22.12.1242

Moisă, V. B. (2022). Functional vs dysfunctional in the family system. New Trends in Psychology, 4(2). https://dj.univ-danubius.ro/index.php/NTP/article/view/2101

Mutmainna, N., & Murdiana, S. (2024). Meningkatkan kemampuan memaafkan pada korban perundungan: Efektivitas pelatihan self-compassion dengan teknik ho'oponopono. Psikostudia Jurnal Psikologi, 13(4), 509–515. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v13i4.15150

Nafisah, A., Hendriyani, R., & Martiarini, N. (2018). Hubungan antara dukungan keluarga dengan self-compassion remaja di panti asuhan. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(2), 160–166. https://doi.org/10.15294/intuisi.v10i2.17494

Neff, K. D. (2003). Development and validation of a scale to measure self-compassion. Self and Identity, 2, 223–250. https://doi.org/10.1080/15298860309027

Neff, K., & Germer, C. (2017). Self-compassion and psychological well-being. In E. M. Seppälä, E. Simon-Thomas, S. L. Brown, M. C. Worline, C. D. Cameron, & J. R. Doty (Eds.), The Oxford handbook of compassion science (pp. 371–385). Oxford University Press.

Neff, K. D., & McGehee, P. (2010). Self-compassion and psychological resilience among adolescents and young adults. Self and Identity, 9(3), 225–240. https://doi.org/10.1080/15298860902979307

Neff, K. D., & Pommier, E. (2013). The relationship between self-compassion and other-focused concern among college undergraduates, community adults, and practicing meditators. Self and Identity, 12(2), 160–176. https://doi.org/10.1080/15298868.2011.649546

Neff, K. D., & Vonk, R. (2009). Self‐ compassion versus global self‐ esteem: Two different ways of relating to oneself. Journal of Personality, 77(1), 23–50. https://doi.org/10.1111/j.1467-6494.2008.00537.x

Priasmoro, D. P. (2017). Pengaruh kemampuan personal terhadap resiliensi (Studi pada orang tua yang memiliki anak down syndrome). Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.55606/jikg.v2i1.2108

Rabon, J. K., Sirois, F. M., & Hirsch, J. K. (2017). Self-compassion and suicidal behavior in college students: Serial indirect effects via depression and wellness behaviors. Journal of American College Health, 66(2), 114–122. https://doi.org/10.1080/07448481.2017.1382498

Rahayu, T. A., & Ediati, A. (2022). Self-compassion dan resiliensi pada mahasiswa di era adaptasi kehidupan baru. Jurnal Empati, 10(5), 362–367. https://doi.org/10.14710/empati.2021.32939

Rahmawati, A. M., Jauhar, M., & Suwandi, E, W. (2021). Intervensi mindfulness meningkatkan kesejahteraan psikologis di krisis pandemi COVID-19: Jurnal Perawat Indonesia, 6(2), 30–42. http://doi.org/10.26751/ijp.v6i2.1314

Safitri, N., & Munawaroh, E. (2022). Effect of self compassion and social support on youth resilience orphanage in gunungpati district pendahuluan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2). https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/download/1449/809/

Sarafino, E. P. (2002). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons.

Sari, A., Herlina, & Elita, V. (2022). Hubungan pola komunikasi keluarga terhadap tingkat kesepian (loneliness) pada lansia. Caring: Jurnal Keperawatan, 11(1), 7–15. https://doi.org/10.29238/caring.v11i1.1238

Sari, M. A. A., & Santosa, R. P. (2025). Pengaruh self-compassion terhadap suicidal ideation pada dewasa awal yang mengalami perceraian orang tua. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 314–322. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p314-322

Shonin, E., & Van Gordon, W. (2016). The mechanisms of mindfulness in the treatment of mental illness and addiction. International Journal of Mental Health and Addiction, 14(5), 844–84. https://doi.org/10.1007/s11469-016-9653-7

Situmorang, Z. R. D., & Latifah, M. (2014). Pengaruh dukungan sosial, konsep diri, dan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prestasi akademik. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 7(3), 154–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.154

Sugianto, D., Suwartono, C., & Sutanto, S. H. (2020). Reliabilitas dan validitas Self-Compassion Scale versi Bahasa Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(2), 177–191. http://doi.org/10.24854/jpu02020-337

Sukarno, B. & Fatimah, N. S. (2021). Pentingnya komunikasi interpersonal dalam membangun keluarga ideal. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(8), 80–86. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/517

Underwood, L. G., & Teresi, J. A. (2002). The daily spiritual experience scale: Development, theoretical description, reliability, exploratory factor analysis, and preliminary construct validity using health-related data. Annals of Behavioral Medicine, 24(1), 22–33. https://doi.org/10.1207/S15324796ABM2401_04

Widiyarini, A., Rifqoh, F., Nismara, N. A., & Nurmala, L. (2024). Analisa dampak novel dewasa terhadap daya pikir remaja di MTS Sunan Pandanaran. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(2), 486–493. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i2.454

Widyasari, F., Dahlan, T. H., & Baihaqi, M. (2024). Asosiasi faktor sosiodemografis, penerimaan orang tua, dan welas diri dengan kesejahteraan subjektif emerging adults: Sociodemographic factors, parental acceptance, and self-compassion associated with emerging adults’ subjective well-being. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 17(1), 77–89. https://doi.org/10.24156/jikk.2024.17.1.77

Wilson, J. M., Weiss, A., & Shook, N. J. (2020). Mindfulness, self-compassion, and savoring: Factors that explain the relation between perceived social support and well-being. Personality and Individual Differences, 152, Article 109568. https://doi.org/10.1016/j.paid.2019.109568

Yarnell, L. M., Stafford, R. E., Neff, K. D., Reilly, E. D., Knox, M. C., & Mullarkey, M. (2015). Meta-analysis of gender differences in self-compassion. Self and Identity, 14(5), 499–520. https://doi.org/10.1080/15298868.2015.1029966

Yusanto, Y. (2019). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zeller, M., Yuval, K., Nitzan-Assayag, Y., & Bernstein, A. (2015). Self-compassion in recovery following potentially traumatic stress: Longitudinal study of at-risk youth. Journal of Abnormal Child Psychology, 43, 645–653. https://doi.org/10.1007/s10802-014-9937-y

Published

2025-09-22

How to Cite

Clara, F., & Himawan, E. M. (2025). KEKUATAN DALAM KESULITAN: PENELUSURAN KOMPONEN PENDUKUNG WELAS DIRI PADA INDIVIDU DEWASA DARI KELUARGA DISFUNGSIONAL: Strength in Adversity: Exploring The Supporting Components of Self-Compassion in Individuals from Dysfunctional Family. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 18(2), 205-219. https://doi.org/10.24156/jikk.2025.18.2.205