Prakata

  • Prakata Jurnal TIP

Abstract

PRAKATA

 

Pembaca yang budiman,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT,  atas berkat dan rahmatNya pada kesempatan ini kita dapat kembali berjumpa melalui Jurnal Teknologi Industri Pertanian Edisi Agustus 2012, Volume 22 Nomor 2 Tahun 2012, dengan artikel yang semakin berkualitas, menarik dan penting untuk di baca.

Setelah melalui kerja keras dan kerjasama yang baik dari Penulis, Mitra Bebestari, Editor dan fasilitasi dari IPB dan Ditjen Dikti, mulai edisi ini, alhamdulillah Jurnal Teknologi Industri Pertanian telah terakreditasi kembali dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No 56/DIKTI/Kep/2012 tertanggal 24 Juli 2012 sampai dengan Juli 2017.  Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas segala kontribusinya. Semua artikel yang dimuat pada Jurnal Teknologi Industri Pertanian ini telah ditelaah oleh Dewan Editor dan Mitra Bebestari yang kompeten.

Topik-topik yang disajikan pada edisi kali ini mencakup karakteristik berbagai bahan pada penyerapan gas amonia, jaringan syaraf tiruan fuzzy untuk identifikasi kematangan buah manggis, evaluasi dan seleksi pemasok pada agroindustri sari buah jambu biji, peningkatan produktivitas pada proses produksi karet alam dengan pendekatan produktivitas hijau, analisis potensi wilayah untuk perkembangan perkebunan komoditas unggulan, kehilangan sukrosa dalam tebang, muat, angkut agroindustri gula.  Sebagai penutup disajikan makalah tentang kombinasi kitosan-ekstrak pala sebagai bahan antibakteri dan pengawet alami

Kepada penulis dan penelaah naskah yang telah berkontribusi pada penerbitan jurnal edisi ini, kami menyampaikan terima kasih yang mendalam.    Sebagai akhir kata, dengan rendah hati dan segala hormat,  kami mengundang rekan sejawat peneliti agroindustri untuk mengirimkan naskah untuk disajikan pada jurnal ini.  Saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan.  Selamat membaca.

 

Ketua Dewan Editor

 

Marimin