Prakata

  • Prakata Jurnal TIN

Abstract

P R A K A T A


Pembaca yang budiman,

Pemanfaatan hasil pertanian, baik produk utama maupun limbahnya seringkali sangat penting dalam meningkatkan nilai tambahnya dan meningkatkan manfaatnya.  Dalam edisi kali ini akan disajikan artikel-artikel yang berkaitan dengan hal tersebut.

Adsorpsi logam berat seng (Zn) dengan menggunakan akar rambut Solanium nigrum L. Galur A4 kering termobilisasi dalam Na-Alginat, merupakan cara baru dalam usaha untuk penanganan limbah yang mengandung logam berat seperti Zn, yang dikerjakan oleh para peneliti dari bagian Teknologi dan Manajemen Lingkungan.

Limbah penyulingan sereh wangi dan nilam ternyata masih berpotensi sebagai insektisida pengusir lalat rumah.  Hal tersebut juga diungkap pada edisi ini.

Desain sistem pakar untuk interpretasi bagan kendali mutu pakan merupakan alternatif sistem yang melibatkan para ahli dalam rangka proses pengendalian mutu khususnya produk pakan ternak, juga merupakan kajian yang menarik.

Minyak buah merah, akhir-akhir ini sangat populer dikonsumsi masyarakat karena mem-punyai khasiat dalam mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.  Salah satu tahap proses yang harus dilalui untuk memperolehnya akan diungkap pada artikel tentang ekstraksi minyaknya dengan metode wet rendering dari buah pandan (Pandanus conoideus L.).

Artikel kelima dalam edisi ini akan mengungkapkan analisis kinetika pendugaan umur simpan benih cabai merah.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam menentukan  umur simpan yang baik agar benih cabai merah dapat tetap efektif untuk dibudidayakan.
How to Cite
TINP. J. (1). Prakata. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 15(1). Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/4296