Prakata

  • Prakata Jurnal TIN

Abstract

P R A K A T A

Pembaca yang budiman,

Jumpa lagi kita pada Jurnal Teknologi Industri Pertanian Edisi Juli 2008 dengan penampilan baru.  Semoga perubahan penampilan ini dapat memberikan semangat kepada semua pihak untuk selalu berkreasi dan semoga manfaat keilmuan yang dapat dipetik dari naskah yang disajikan dalam jurnal ini berlipat ganda.

Materi yang dapat disimak dalam edisi ini antara lain meliputi permasalahan pengembangan agroindustri berbasis potensi di daerah terpencil dan pulau kecil, kelapa yang dijual murah dapat menolong nelayang yang membutuhkan bahan bakar perahunya melalui pengolahan menjadi cocodiesel, penulisnya mengistilahkan pendekatan ini sebagai ”the poor helps poor”.   Selanjutnya daoat dicermati topik tentang model I’SWOT bagi perumusan strategi pengembangan agroindustri unggulan daerah yang data dan permodelannya dibuat untuk daerah Sulawesi Utara, disajikan juga impak kerusakan buah sawit karena penundaan transportasi, pembuatan yoghurt dari kedelai sebagai makanan fungsional, masalah proses pemurnian karaginan dan pemekatannya menggunakan membran mnikrofiltrasi, pemakaian bahan baru untuk proses pembuatan bioplastik, ekstraksi methyl ester minyak biji bunga matahari dalam twin screw extruder dan potensi penurunan emisi gas rumah kaca melalui pengomposan sampah.

Besar harapan kami bahwa jurnal kita ini semakin berkembang sehingga dapat menjadi salah satu sumber yang potensial sebagai rujukan untuk kemajuan agroindustri.  Perjalanan masa telah memperlihatkan bahwa produk olahan agroindustri telah memberikan kontribusi yang nyata dalam pembangunan ekonomi bangsa bagi kemakmuran masyarakat.

Interaksi pembaca dengan redaksi dan penulis merupakan harapan kami yang akan menyempurnakan tulisan dan pendapat yang dapat kita simak di jurnal ini.  Kami berharap agar pembaca yang budiman tidak ragu-ragu untuk berpartisipasi dalam kegiatan tukar pendapat dan saling asah dan asuh untuk memajukan agroindustri kita.

Kepada penulis yang berkontribusi dengan baik, para reviewers yang telah dengan sungguh-sungguh mencurahkan pemikiran dan perhatianya, berdasarkan kepakaran masing-masing telah memberikan saran kepada penulis bagi kesempurnaan tulisan mereka, kami menyampaikan terima kasih.

Akhirnya kami tutup pengantar redaksi ini dengan mengundang kembali rekan dan sejawat penelitian, serta pengkaji agroindustri untuk mengirimkan naskah yang merupakan hasil penelitian dan juga pendapat untuk memperkaya pengetahuan kita bersama melalui Jurnal Teknologi Industri Pertanian ini.

Selamat membaca.

Ketua Dewan Editor
Ani Suryani
How to Cite
TINP. J. (1). Prakata. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 18(1). Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/4206