Pedoman Bagi Penulis

  • Pedoman Bagi Penulis TIN

Abstract

Ketentuan Umum
1. Penulis harus menjamin bahwa naskah yang dikirimkan adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan di jurnal lainnya, yang dinyatakan dengan surat pernyataan seperti terlampir.
2. Naskah yang akan dipublikasikan pada Jurnal Teknologi Industri Pertanian dapat berupa hasil penelitian, analisis kebijakan, komunikasi singkat, opini, gagasan dan review.
3. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris menggunakan format yang sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan. Editor tidak menerima naskah yang tidak memenuhi persyaratan yang diminta.
4. Penentuan layak tidaknya naskah yang akan dipublikasikan ditentukan oleh Dewan Editor Jurnal Teknologi Industri Pertanian atas masukan mitra bestari yang kompeten.
5. Naskah dikirimkan ke editor sebanyak tiga eksemplar dalam bentuk naskah asli dan softcopy dalam CD atau dapat dikirim via email. Naskah ditulis dalam Microsoft Word,
Gambar/grafik dalam Microsoft Excel dan tuliskan nama pengarang sebagai nama file. Naskah dapat dikirimkan dengan softcopynya kepada : Editor Jurnal Teknologi Industri Pertanian, Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fateta IPB, Kampus IPB Darmaga PO Box 220 Bogor 16002, Telpon/Fax : 0251-8625088; 0251-8621974; dengan alamat e-mail: jurnal_tip@yahoo.co.id.atau jurnal_tip@ipb.ac.id
6. Hak Cipta tulisan yang dimuat ada pada Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Penulis yang naskahnya dimuat diharuskan membayar kontribusi biaya penerbitan sebesar Rp 75.000,- per halaman. Biaya tambahan untuk pencetakan halaman berwarna menjadi tanggung jawab penulis.
7. Penulis harus mengusulkan 3 nama mitra bebestari yang kompeten dibidangnya dan bergelar doktor beserta alamat lengkapnya yang penulis harapkan dapat mereview naskahnya.
Standar Penulisan
1. Naskah diketik dengan jarak 1,5 spasi kecuali Judul, Abstrak, Judul Gambar dan Judul Tabel diketik 1 spasi. Naskah diketik di atas kertas A4 dalam 1 kolom dengan jumlah kata antara 4000 sampai 7000 kata termasuk gambar dan tabel.
2. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word, Gambar menggunakan JPEG atau TIFF, jika ada grafik, lampirkan juga file masternya/Microsoft Excel. Huruf standar yang digunakan untuk penulisan adalah Times New Roman 12.
3. Naskah disusun dengan urutan: judul, nama penulis, alamat lengkap instansi setiap penulis, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan,
ucapan terima kasih (kalau ada) dan daftar pustaka. Alamat instansi (jalan, nomor, kota, kode pos) dan alamat e-mail penulis perlu dituliskan dengan jelas.
4. Tata nama latin binomial atau trinomial (italik) digunakan untuk tanaman, hewan, serangga dan penyakit. Nama lengkap kimia digunakan untuk senyawaan pada penyebutan pertama kali.
5. Satuan pengukuran dipakai Sistem Internasional (SI).
6. Penulisan angka desimal untuk Bahasa Indonesia dengan koma (,) dan untuk Bahasa Inggris dengan titik (.).

Published
2017-01-05