Analisis Implementasi Sistem Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Di UD Mas Achiad Gresik
Abstract
Pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari beberapa indikator yakni dari perkembangan ekonomi di setiap daerah, bangsa dan negara. Perkembangan ekonomi juga di tandai adanya usaha masyarakat di setiap daerah agar terus memperbaiki dalam sistem internal maupun eksternal dalam usahanya untuk bisa bersaing juga meningkatkan pemasaran suatu produk. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan pemasaran produk. Penelitian dilakukan di tempat yang menjualkan terkait fashion yakni produksi peci dengan standar songkok nasional dan eksklusif di usaha dagang atau UD Mas Achiad Gresik, Jawa Timur. Dalam manajemen mutu seperti UD Mas Achiad ini perlu diterapkan sistem tersebut guna untuk memberikan pemahaman akan pentingnya sumber daya manusia dan peningkatan produk yang dijualkan. Dengan menggunakan sistem manajemen mutu ini perusahaan dapat memperbaiki secara berkelanjutan untuk mencapai tujuan dengan percepatan yang diinginkan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan sumber data primer dan sekunder. Dimana wawancara dengan informan yang sesuai dengan kebutuhan penelitian yakni ada tiga unsur di dalamnya mulai dari pimpinan perusahaan, bagian keuangan perusahaan dan karyawan perusahaan. Penelitian ini ditemukan bahwa perusahaan UD Mas Achiad ini sudah mulai menerapkan pada sistem manajemen mutu dan menggunakan prinsip dari manajemen mutu itu sendiri untuk mencapai kesuksesan dan target perusahaan dengan cepat juga rapi
Downloads
References
Kahmad, D. (2000). Metode penelitian agama : Perspektif ilmu perbandingan agama untuk IAIN, STAIN, dan PTAIS. Pustaka Setia.
Kristiyanti, & Lisda Rahmasari, S. (2015). Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. Juni, 13(2), 186.
Morgan, N. A. (2012). Marketing and business performance. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(1), 102–119. https://doi.org/10.1007/s11747-011-0279-9
Parso, Pujiati, H., Sunarsi, D., Affandi, A., & Anggraeni, N. (2021). Effect of ISO 9001:2015 Quality Management Implementation in Education on School Performance. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(1), 2021. https://cibg.org.au/1848
Priede, J. (2012). Implementation of Quality Management System ISO 9001 in the World and Its Strategic Necessity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 58, 1466–1475. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1133
Purnama, N. (2005). Tinjauan Kritis terhadap Implementasi Iso 9000. Jurnal Siasat Bisnis, 2(10), 163–178. https://doi.org/10.20885/jsb.vol2.iss10.art2
Ronald Simanjuntak, M. A., & Sinta Suawa, S. (2014). Menganalisa Sistem Manajemen Dan Pengaruhnya di Dalam Kinerja Operasional Di Perkantoran. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(2), 92–102. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jime/article/view/6076
Rothery, B. (2000). ISO 9000 & ISO 14000 untuk Indsutri Jasa. Pustaka Binaman Pressindo.
Sallis, E. (2012). Total Quality Management In Education: Manajemen Mutu Pendidikan. IRCiSoD.
Setiadi, T. (2015). Manajemen mutu terpadu pendidikan al-qur’an di SD Al Irsyad Al ISlamiyyah Purwokerto. 1–289. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7371/
Stravinskiene, I., & Serafinas, D. (2020). The Link between Business Process Management and Quality Management. Journal of Risk and Financial Management, 13(10), 225. https://doi.org/10.3390/jrfm13100225
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Winarto, A. J. (2021). Analisis Implementasi Manajemen Mutu dalam Meningkatkan Pemasaran Produk di UD. Mas Achiad.
Zuteev, O. (2021). Marketing Strategy Implementation and Marketing Cases. Jurnal Maneco, 1(1), 8–12.