Kebijakan Daerah Dalam Penyelenggaraan Angkutan Umum Massal (Studi di Transpakuan Koridor Bubulak-Ciawi Kota Bogor)

  • Fikri Hadikumara Sekretariat Daerah Kota Bogor
  • Dedi Budiman Hakim Depatemen Ilmu Ekonomi, Institut Pertanian Bogor
  • Sri Mulatsih Depatemen Ilmu Ekonomi, Institut Pertanian Bogor
Keywords: Angkutan Umum Massal, Halte, Koridor, Subsidi

Abstract

Salah satu kebijakan transportasi di Kota Bogor adalah menyelenggarakan angkutan massal yang memiliki daya angkut lebih besar dan efisien dalam menggunakan ruang jalan. Keberadaan bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat memerlukan penanganan secara baik dan   benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan kebijakan daerah dalam penyelenggaraan angkutan umum massal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP). Data primer diperoleh dari survey stated preference dan indepth interview. Data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Kebijakan untuk meningkatkan jumlah penumpang Transpakuan dalam penyelenggaraan angkutan massal yang berkelanjutan dianalisis dengan Analytical Hiercarchy Process, sesuai urutan  prioritasnya adalah sebagai berikut: (a) memberikan subsidi operasional bagi Transpakuan, (b) peningkatan  kualitas  koridor  transpakuan  dengan menghilangkan hambatan sepanjang jalur Transpakuan, dan (c) pengadaan armada Transpakuan melalui  penyertaan modal kepada Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) atau  subsidi modal kepada operator swasta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Bogor. 2016. Kota Bogor dalam Angka. Bogor (ID): Badan Pusat Statistik Kota Bogor.
[BAPPEDA] Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Bogor. 2005. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Bogor Tahun 2005-2025. Bogor (ID): Bappeda Kota Bogor.
[BAPPEDA] Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Bogor.2005. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Bogor Tahun 2015-2019. Bogor (ID): Bappeda Kota Bogor.
Gay LR. 1976. Educational Research: Competencies for Analysis and Application 3rd Edition. Ohio (US): Merrill Publishing Company.
[PDJT] Perusahaan Daerah Jasa Transportasi Kota Bogor. 2015. Laporan Kajian Investasi PDJT Tahun 2015. Bogor (ID): Perusahaan Daerah Jasa Transportasi Kota Bogor.
Thomas E. 2001. Bus Rapit Transit [presentation]. Chicago (US): Institute of Transportation.
Published
2023-12-29
How to Cite
HadikumaraF., HakimD. B., & MulatsihS. (2023). Kebijakan Daerah Dalam Penyelenggaraan Angkutan Umum Massal (Studi di Transpakuan Koridor Bubulak-Ciawi Kota Bogor). Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 15(1), 24-33. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v11i1.52683
Section
Articles