Strategi Optimalisasi Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat

  • Fransisca Voltri Bogor Agricultural University (IPB)
  • Harianto Harianto Depatemen Agribisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Sri Mulatsih Depatemen Ilmu Ekonomi, Institut Pertanian Bogor
Keywords: Kinerja PNS, Strategi Optimalisasi, SWOT, Tambahan Penghasilan Pegawai

Abstract

Provinsi Sulawesi Barat telah memberikan kompensasi untuk meningkatkan motivasi kepada PNS dalam bentuk pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP). Pemberian TPP di Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat didasarkan pada kehadiran pegawai. Ditinjau dari dampak motivasi pegawai untuk meraih prestasi kerja yang tinggi sebagai salah satu dampak yang diharapkan dari penetapan tambahan penghasilan pegawai ini, terlihat bahwa harapan tersebut belum dapat dicapai. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis faktor-faktor yang menentukan dalam pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP) pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat; dan 2) merumuskan strategi optimalisasi pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP) dalam meningkatkan kinerja PNS pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kuesioner dan focus group discussion (FGD), serta data dari dokumen dan laporan yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskripsi dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis data penelitian untuk mengoptimalkan pemberian TPP pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat perlu dilakukan adanya peningkatan efektivitas manajemen kepegawaian berbasis kinerja untuk membangun profesionalisme PNS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bratakusumah,DS, Riyadi. 2003. Perencanaan Pembangunan Daerah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Damayanti AP, Susilaningsih, Sri Sumaryati. 2013. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta. Jurnal Jupe UNS. 2(1): 155-168.
Mardiasmo. 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: ANDI.
Rokhmawati P. 2013. Analisis penilaian prestasi kerja pegawai. Jurnal JDM. 4 (1): 23-29.
Siagian SP. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta (ID): Bumi Aksara.
Suhardjo Y. 2012. Pengaruh kepemimpinan dan tambahan penghasilan pegawai (tpp) terhadap kinerja pegawai (studi kasus pada Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kabupaten Sorong). Jurnal STIE Semarang. 5 (3).
Wijaya T, Andreani F. 2015. Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sinar Jaya Abadi Bersama. Jurnal AGORA. 3(2).
Published
2023-12-29
How to Cite
VoltriF., HariantoH., & MulatsihS. (2023). Strategi Optimalisasi Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 15(1), 10-17. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v11i1.52678
Section
Articles