ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA BARU TERHADAP KOMUNIKASI LAYANAN KEMAHASISWAAN1 (New Student Satisfaction Analysis of Communication Services Student)
Abstract
ABSTRACT
Perguruan tinggi membutuhkan komunikasi yang efektif dengan calon mahasiswa, yaitu dengan memberikan pelayanan kepada calon mahasiswa mengenai berbagai program studi, kegiatan, prospek kerja dan lain sebagainya untuk memotivasi calon mahasiswa agar tertarik dengan programnya. Dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 di Universitas Islam “45” (Unisma) Bekasi terjadi kenaikan jumlah mahasiswa baru sebesar 71,48%. Saluran komunikasi yang digunakan oleh Unit Penerimaan Calon Mahasiswa (UPCM) di Unisma adalah: pesan lisan, spanduk, baliho, selebaran biaya kuliah, buklet, website, facebook, telepon, dan SMS Gateway. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses komunikasi di UPCM Unisma; menganalisis hubungan karakteristik individu dengan proses komunikasi; menganalisis hubungan proses komunikasi dengan kepuasan dan tindakan mahasiswa baru. Pengumpulan data dilakukan selama bulan Mei-Juli 2014 menggunakan pengambilan sampel kuota. Jumlah sampel adalah 210 mahasiswa baru. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan pesan lisan dan selebaran biaya kuliah adalah saluran komunikasi yang paling banyak dipakai oleh mahasiswa baru, sedangkan yang paling sedikit adalah baliho dan SMS Gateway; buklet adalah saluran komunikasi yang paling berhubungan terhadap karakter individu; mayoritas mahasiswa baru puas dengan pelayanan penerimaan mahasiswa baru. Spanduk, baliho, selebaran biaya kuliah dan SMS Gateway adalah saluran komunikasi yang paling berhubungan terhadap kepuasan dan tindakan mahasiswa baru.
Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Kepuasan, Tindakan, Pelayanan Kemahasiswaan, Mahasiswa Baru
Metrics
Downloads
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors contributing to Jurnal Komunikasi Pembangunan retain copyright to their articles but agree to publish them under a a Creative Commons Attribution-Non Commercial- ShareAlike (CC BY-NC-SA)
2. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any form, provided the authors and the journal are appropriately credited or cited.
3. Authors are permitted and encouraged to post their articles, after publication, to personal and/or institutional websites and to archive their articles in institutional or funder repositories to insure even greater public access. Supplementary material should also be included when applicable. In addition, authors are permitted to post pre-print versions of their articles to institutional websites, repositories and similar (on the condition that all bibliographic information is also provided). However, authors are not allowed to send their manuscript to other scientific journals once it has been decided to be reviewed by reviewers at Jurnal Komunikasi Pembangunan (Jurnal KMP).
Read our instruction for authors for more information.