ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA BARU TERHADAP KOMUNIKASI LAYANAN KEMAHASISWAAN1 (New Student Satisfaction Analysis of Communication Services Student)

  • Maharani Imran
  • Djuara P. Lubis
  • Basita Ginting

Abstract

ABSTRACT

Perguruan tinggi membutuhkan komunikasi yang efektif dengan calon mahasiswa, yaitu dengan memberikan pelayanan kepada calon mahasiswa mengenai berbagai program studi, kegiatan, prospek kerja dan lain sebagainya untuk memotivasi calon mahasiswa agar tertarik dengan programnya. Dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 di Universitas Islam “45” (Unisma) Bekasi terjadi kenaikan jumlah mahasiswa baru sebesar 71,48%. Saluran komunikasi yang digunakan oleh Unit Penerimaan Calon Mahasiswa (UPCM) di Unisma adalah: pesan lisan, spanduk, baliho, selebaran biaya kuliah, buklet, website, facebook, telepon, dan SMS Gateway. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses komunikasi di UPCM Unisma; menganalisis hubungan karakteristik individu dengan proses komunikasi; menganalisis hubungan proses komunikasi dengan kepuasan dan tindakan mahasiswa baru. Pengumpulan data dilakukan selama bulan Mei-Juli 2014 menggunakan pengambilan sampel kuota. Jumlah sampel adalah 210 mahasiswa baru. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan pesan lisan dan selebaran biaya kuliah adalah saluran komunikasi yang paling banyak dipakai oleh mahasiswa baru, sedangkan yang paling sedikit adalah baliho dan SMS Gateway; buklet adalah saluran komunikasi yang paling berhubungan terhadap karakter individu; mayoritas mahasiswa baru puas dengan pelayanan penerimaan mahasiswa baru. Spanduk, baliho, selebaran biaya kuliah dan SMS Gateway adalah saluran komunikasi yang paling berhubungan terhadap kepuasan dan tindakan mahasiswa baru.   

Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Kepuasan, Tindakan, Pelayanan Kemahasiswaan, Mahasiswa Baru

Metrics

Metrics Loading ...

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-16
How to Cite
ImranM., P. LubisD., & GintingB. (2015). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA BARU TERHADAP KOMUNIKASI LAYANAN KEMAHASISWAAN1 (New Student Satisfaction Analysis of Communication Services Student). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 13(1). https://doi.org/10.46937/13201510379