DESAIN FREEBOARD MINIMUM TERHADAP KESELAMATAN DAN PENGURANGAN BIAYA OPERASIONAL KAPAL PERIKANAN 30 GT DI PERAIRAN SULAWESI (STUDI KASUS KM INKA MINA 759)

Andi Haris Muhammad, . Baharuddin, Hasnawiya Hasan

Abstract

Kapal perikanan umumnya dirancang dengan misi khusus untuk menemukan, menangkap, dan mengawetkan ikan, sementara itu kapal harus memiliki tingkat keselamatan yang baik, biaya operasional yang rendah serta ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keselamatan dan pengurangan biaya operasional kapal perikanan 30 GT melalui desain freeboard minimum. Paket program Maxsurf telah digunakan dalam pemodelan dimensi, desain bentuk kasko, prediksi stabilitas dan resistensi pada 4 (empat) model kasko yang dianalisis (K1, K2, K3 dan K4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kasko K2 dengan rasio dimensi utama lebih lebar (L/B=4,98; B/D=3,26; B/T=4,80; D/T=1,47) memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik dibandingkan 3 (tiga) model kasko lainnya (K1, K3 dan K4), sementara pengurangan nilai resistensi tertinggi ditunjukkan oleh model bentuk kasko K3 dengan rasio dimensi utama lebih ramping (L/B=6,43; B/D=2,78; B/T=4,09; D/T=1,47). Secara umum, keempat model bentuk kasko yang dianalisis layak dioperasikan sesuai dengan kriteria IMO.

Authors

Andi Haris Muhammad
andi_haris@ft.unhas.ac.id (Primary Contact)
. Baharuddin
Hasnawiya Hasan
MuhammadA. H., Baharuddin., & HasanH. (2018). DESAIN FREEBOARD MINIMUM TERHADAP KESELAMATAN DAN PENGURANGAN BIAYA OPERASIONAL KAPAL PERIKANAN 30 GT DI PERAIRAN SULAWESI (STUDI KASUS KM INKA MINA 759). Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis, 10(2), 409-418. https://doi.org/10.29244/jitkt.v10i2.21148

Article Details