DESAIN FREEBOARD MINIMUM TERHADAP KESELAMATAN DAN PENGURANGAN BIAYA OPERASIONAL KAPAL PERIKANAN 30 GT DI PERAIRAN SULAWESI (STUDI KASUS KM INKA MINA 759)
Abstract
Kapal perikanan umumnya dirancang dengan misi khusus untuk menemukan, menangkap, dan mengawetkan ikan, sementara itu kapal harus memiliki tingkat keselamatan yang baik, biaya operasional yang rendah serta ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keselamatan dan pengurangan biaya operasional kapal perikanan 30 GT melalui desain freeboard minimum. Paket program Maxsurf telah digunakan dalam pemodelan dimensi, desain bentuk kasko, prediksi stabilitas dan resistensi pada 4 (empat) model kasko yang dianalisis (K1, K2, K3 dan K4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kasko K2 dengan rasio dimensi utama lebih lebar (L/B=4,98; B/D=3,26; B/T=4,80; D/T=1,47) memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik dibandingkan 3 (tiga) model kasko lainnya (K1, K3 dan K4), sementara pengurangan nilai resistensi tertinggi ditunjukkan oleh model bentuk kasko K3 dengan rasio dimensi utama lebih ramping (L/B=6,43; B/D=2,78; B/T=4,09; D/T=1,47). Secara umum, keempat model bentuk kasko yang dianalisis layak dioperasikan sesuai dengan kriteria IMO.
Authors
The author submitting the manuscript must understand and agree that the copyright of the article manuscript must be submitted/transferred to the Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis. This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) International License in which the Author and Reader can copy and redistribute the material in any media or format, and remix, modify and build material for any purpose, but they must provide appropriate credit (citing articles or content), provide a link to the license, and indicate whether there is a change. If you mix, change, or create material, you must distribute your contribution under the same license as the original.