Tingkat Keberdayaan Kelompok Tani pada Pengelolaan Usahatani Padi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah

  • Muhammad nur jaya
  • Sarwititi Sarwoprasodjo
  • Musa Hubeis
  • Basita Ginting Sugihen
Keywords: Keberdayaan, komunikasi pembangunan partisipatif, modal sosial, usahatani, kelompok tani

Abstract

Keberdayaan kelompok tani merupakan out put dari proses pemberdayaan yang dilakukan terhadap para pelaku usahatani padi, proses pemberdayaan dilakukan dengan melalui penerapan komunikasi pembangunan partisipatif pada pengelolaan usahatani padi. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat keberdayaan kelompok tani padiserta menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap tingkat keberdayaan kelompok tani padi.Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan menggunakan metode survey.Penelitian kuatitatif dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo dan Sleman dan yang menjadi obyek penelitian atau unit analisis adalah kelompok tani dengan mengambil sampel 170 kelompok tani. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif  dan eksplanatif dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) analisis. Hasil Penelitian adalah : (a) Kelompok tani secara keseluruhan kurang mampu meningkatkan keberdayaannya terkait usahatani padi ; (b)  Pelaksanaan komunikasi pembangunan partisipatif berpengaruh langsung terhadap tingkat keberdayaan kelompok tani ; (c) Pemanfaatan modal sosial berpengaruh tidak langsung terhadap tingkat keberdayaan kelompoktanimelalui pelaksanaan komunikasi pembangunan partisipatif sebagai peubah mediasi.

 

Kata kunci: Keberdayaan, komunikasi pembangunan partisipatif, modal sosial, usahatani, kelompok tani

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-09
How to Cite
jayaM. nur, SarwoprasodjoS., HubeisM., & SugihenB. G. (2017). Tingkat Keberdayaan Kelompok Tani pada Pengelolaan Usahatani Padi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Jurnal Penyuluhan, 13(2), 166-180. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v13i2.15903

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>